Mobile Ad
Hati-hati! Penipuan Online Jelang Pemilu Lewat File APK

Jumat, 12 Jan 2024

FTNews - Tidak terasa Pemilu 2024 di Indonesia tinggal menghitung hari. Pemilu ini merupakan pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Namun sejumlah oknum menggunakan momen ini untuk melancarkan aksi mereka.

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dibuat resah oleh oknum-oknum tersebut dengan melakukan penipuan berkedok file APK melalui aplikasi Whatsapp.

Terutama, banyak juga para oknum yang mengatasnamakan PPS (Panitia Pemungutan Suara) sebagai modus penipuan mereka. Perlu diingat, PPS tidak pernah menyebarkan aplikasi untuk mendata para pemilih.

Melalui Instagramnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menyuarakan kewaspadaan akan penipuan ini. File aplikasi (APK) yang para oknum kirimkan dapat mengambil data pribadi dan menguras rekening sang korban.

Maka dari itu, jangan pernah membuka file atau link yang berasal dari orang yang tidak kenal. Jika terlanjur membuka link tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika menganjurkan untuk lakukan ini.

  1. Segera mengubah kata sandi semua akun. Mulai dari akun media sosial dan e-mail untuk mencegah akses orang asing ke dalam akun digital.

  2. Aktivasikan Two-Factor Authentication. Aktivasi ini bertujuan untuk mengatasi percobaan log in yang mencurigakan, sehingga para oknum tidak dapat mengakses akun digital.

  3. Hubungi pihak keuangan. Jika data yang berkaitan dengan akun keuangan, langsung hubungi pihak bank atau keuangan yang terkait untuk memblokir akses rekening.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement