Mobile Ad
Hindari Bahaya! Ini Cara Gunakan Treadmill Agar Tetap Aman

Kamis, 20 Jun 2024

FTNews - Baru-baru ini terjadi insiden mematikan dengan penggunaan Treadmill. Sehingga kalian harus tau cara gunakan treadmill agar tetap aman. Karena dari insiden tersebut memakan korban jiwa di tempat kebugaran badan di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (18/6).

Banyak yang menduga bahwa kejadian tersebut terjadi, karena pemilik tempat Gym tidak meletakan treadmill pada tempat yang sesuai. Maka dari itu kalian harus memahami cara penggunaan treadmill agar tetap aman seperti berikut.

Sesuaikan Kecepatan


Ilustrasi berlari dengan treadmill. (Foto: Freepik)

Kalian harus mengetahui kecepatan yang sesuai dengan kemapuan kalian untuk berolahraga. Sehingga kalian dapat olahraga dengan aman dan akan mendapatkan manfaat yang besar.

Karena jika kalian mencoba kecepatan tidak sesuai dengan kemampuan akan membahayakan diri. Hal yang paling mungkin terjadi terjatuh dan cedera.

Tempatkan Lokasi yang Aman


Ilustrasi lokasi treadmill. (Foto: Freepik)

Aspek utama yang kalian harus pikirkan adalah penempatan posisi treadmill pada tempat teraman. Mulai dari tidak membelakangi kaca dalam jarak yang dekat, ataupun barang-barang yang beresiko tinggi.

Hal ini agar terhindar dari kecelakaan berbahaya dan dapat berdampak fatal. Seperti yang terjadi di Pontianak tersebut, karena penempatan treadmill yang sangat minim dengan jendela kaca.

Sehingga korban wanita itu terpental dan jatuh dari lantai 3 mengakibatkan tewas. Maka dari itu kalian harus mempertimbangkan lokasi treadmill tersebut.

Fokus Saat Berlari


Ilustrasi seseorang menggunakan Treadmill. (Foto: Freepik)

Ketika alat tersebut sudah berjalan, maka kalian harus fokus terhadap gerakan yang kalian lakukan. Jangan mengalihkan pandangan, karena akan memecah fokus dan berakibat terjatuh.

Selain itu juga kalian dapat mengatur tempo gerakan dengan baik, agar tidak terjadi tersandung atau tergelincir.

Jangan Berpegangan Lama


Ilustrasi seseorang menggunakan Treadmill. (Foto: Freepik)

Peganngan terhadap genggaman treadmill saat berlari sangat berbahaya. Hal ini karena laju cepat treadmill akan tidak imbang dengan gerakan kaki. Sehingga hal yang berbahaya akan membuat cedera pada tungkai kaki.

Tidak Berhenti Saat Treadmill Masih Bergerak


Ilustrasi seseorang duduk di treadmill. (Foto: Freepik)

Ketika alat pembantu olahraga ini masih bergerak, jangan sekali-kali mencoba menghentikan langkah kalian. Jika hal tersebut kalian lakukan, maka akan berpotensi terjatuh karena pijakan tidak terfokus dan bergerak.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement