Mobile Ad
Hindari Bahaya "Microsleep" saat Mengemudi, Lakukan "Power Nap"!

Kamis, 11 Apr 2024

FTNews - Mengemudi jarak jauh dan waktu tempuh lama tentu melelahkan. Pengemudi memang tidak boleh mengantuk saat berkendara. Sebab microsleep bisa memicu kecelakaan.

Sejumlah kecelakaan maut saat periode mudik, kuat dugaan pengemudi mengalami microsleep. Sebuah kondisi periode tidur singkat yang terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disadari. Bayangkan jika sedang mengemudi dengan kecepatan tertentu, tertidur beberapa detik tentu akan memicu kecelakaan fatal.

Praktisi kesehatan masyarakat dokter Ngabila Salama mengatakan, saat mengemudi jarak jauh bisa berhenti setiap 3-4 jam di rest area. Batasi waktunya 30 menit. Lakukan prioritas paling mendesak seperti ke kamar kecil, makan, minum, berjalan kaki dan merenggangkan badan selama 10-15 menit.

“Untuk pengemudi dan tidak ada yang menggantikan, bisa digunakan untuk tidur berkualitas selama 15-30 menit. Jika tidak bisa maka bisa minum kopi tanpa gula atau less sugar,” kata Ngabila di Jakarta, Kamis (11/4).

Hindari pula minuman berenergi atau minuman berkemasan, karena tidak baik untuk kesehatan utamanya kesehatan jantung. Dan memiliki kadar gula yang tinggi.

Jangan memaksakan diri, keselamatan adalah yang utama jika sangat mengantuk, beristirahat sejenak sampai kantuk hilang. Lanjutkan perjalanan dengan berhati-hati.

Suasana rest area dan terlihat banyak kendaraan terparkir. Foto: Antara

Power Nap


Lalu power nap perlu para pengemudi optimalkan saat mudik dan arus balik selama di rest area terutama siang hari antara jam 13.00-15.00 atau malam hari.

“Power nap/tidur sekitar 15–30 menit (tidak boleh lebih dari 30 menit) berkhasiat untuk menambah power atau energi. Sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk hilang sementara dengan cepat,” papar Ngabila.

Cara melakukan power nap:
1. Pastikan ruangan/mobil sepi
2. Berada di ruangan yang sejuk, sepi, dan gelap
3. Gunakan masker mata atau penutup mata.
4. Gunakan penyumbat telinga atau headset
5. Hindari tidur setelah makan
6. Matikan notifikasi perangkat elektronik agar tidak terdistraksi
7. Posisikan badan senyaman mungkin
8. Lakukan rutinitas cepat tidur seperti jauhi handphone, tarik nafas dalam, berdzikir, dan lainnya

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement