Mobile Ad
Jalur Liku Sembilan Ditutup Total, Polres Bengkulu Tengah Lakukan Ini

Minggu, 14 Jan 2024

FTNews - Jalan lintas Bengkulu-Kepahiang, tepatnya di Kawasan Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah ditutup total sejak Sabtu (13/1) sore.

Langkah tersebut dilakukan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu Tengah lantaran saat ini sedang dalam proses pelebaran jalan usai hancurnya dinding pembatas jalan akibat bencana longsor di wilayah tersebut.

"Saat ini proses pelebaran jalan di lokasi jalan yang longsor di Liku Sembilan masih berlangsung, sehingga selama dua jam ke depan arus lalu lintas di kawasan tersebut ditutup total," kata Kapolres Bengkulu Tengah AKBP Dedi Wahyudi, Minggu (14/1).

Pihaknya sendiri mengerahkan 30 personel untuk mengatur lalu lintas di Kawasan Liku Sembilan.

Sebelumnya, Polres Bengkulu Tengah, pada Sabtu malam (13/1), melarang kendaraan roda enam dan kendaraan yang bermuatan banyak untuk melewati jalan di kawasan lintas Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang dan sebaliknya.

Alasan penutupan dilakukan, bila kendaraan roda enam ke atas dipaksakan melintas, maka menimbulkan getaran yang cukup besar sehingga menyebabkan jalan tersebut mengalami longsor secara keseluruhan serta dapat membuat semua kendaraan roda empat dan roda dua terhenti total.

Longsor di Liku Sembilan

Sebelumnya, Anggota Satuan Lalu lintas Polres Bengkulu Tengah melakukan proses penutupan jalan, sebab pemerintah melaksanakan perbaikan sementara jalan yang terjadi longsor di kawasan Liku Sembilan Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sementara itu, Pemprov Bengkulu dan pihak terkait tengah berupaya melakukan pelebaran jalan, dengan menggunakan alat berat untuk membongkar tanah di bagian sebelah kanan jalan dari Kota Bengkulu agar kendaraan besar bisa lewat.

Jalan yang berada di Kawasan Liku Sembilan Kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah tersebut amblas pada Sabtu, 13 Januari 2024. Kerusakan jalan nasional diyakini karena curah hujan yang tinggi sehingga membuat sebagian dari ruas jalan amblas karena longsor.

Beberapa hari terakhir, sebagian wilayah di provinsi berjuluk Bumi Raflesia memang diguyur hujan deras sepanjang hari, termasuk di kawasan Liku Sembilan, Kecamatan Taba Penanjung.Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu.

Kawasan Liku Sembilan merupakan bagian dari jalan nasional yang menyusuri lereng jajaran Bukit Barisan. Jalan diapit dinding tebing bukit dan jurang di sisi sebaliknya.

Ketika curah hujan tinggi, sejumlah jalur jalan nasional Kota Bengkulu menuju lintas tengah Pulau Sumatera di Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan itu rawan tertutup longsor maupun amblas.

Kali ini, kawasan Liku Sembilan mengalami amblas lebih kurang belasan meter dan hal tersebut membahayakan pengendara.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement