Mobile Ad
Jelang Iduladha, Hewan Kurban di Penampungan Jakarta Dijamin Sehat

Rabu, 05 Jun 2024

FTNews- Menjelang Iduladha tahun ini, lebih dari 63.000 hewan kurban diprediksi akan masuk Jakarta. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menyatakan hewan kurban di 119 lokasi penampungan di Jakarta dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah tidak (ada yang terkena penyakit). Jadi secara syariat Islam terpenuhi,"ujar Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati, Selasa (4/6).

Ia menambahkan, bahwa jumlah lokasi penampungan hewan di Jakarta akan terus bertambah. Begitu juga dengan angka hewan kurban yang tersedia.

"Dinas KPKP telah memeriksa sebanyak 10.800 ekor hewan. Yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan domba hingga 31 Mei 2024. Akan bertambah lagi karena memang dari data kami dua tahun terakhir itu kurang lebih ada di 61 ribu baik itu sapi, kerbau, kambing ataupun domba,"paparnya.

Lebih lanjut, Suharini mengungkapkan, pemeriksaan hewan kurban akan terus berjalan hingga 10 Dzulhijah atau bertepatan dengan Hari raya Idul Adha ditambah tiga hari tasyrik.

Bebas Antraks


Sebelumnya, Suharini memastikan hewan kurban yang masuk Jakarta bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau Antraks.

“Secara spesifik, seperti antraks mudah-mudahan tidak ada. Kami juga telah mengambil sampel tanah tempat penampungan hewan-hewan tersebut,”ujar Suharini, Kamis (30/5).

Ia menambahkan, bahwa hingga 20 Mei, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 2.487 ekor hewan kurban. Yang terdiri dari 2.150 ekor sapi, 17 ekor kerbau, dan 320 ekor kambing/domba.

“Mudah-mudahan awal bulan Juni sudah kita ambil. Dan Insya Allah tidak ada yang PMK juga ada standar khusus,”paparnya.

Sementara itu, soal dugaan sapi yang mengalami penyakit mulut dan kuku di Jakarta Timur, menurutnya belum terbukti. Karena, berdasarkan hasil analisis, sapi itu hanya mengalami stres lantara lama perjalanan.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement