Mobile Ad
KPK Kembali Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo

Rabu, 05 Jul 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan sebanyak 49 pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pertanian (Kementan) telah dimintai keterangan. Ini terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi di instansi itu.

Salah satu yang diperiksa penyidik KPK, yakni Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Di mana hingga kini statusnya masih sebagai saksi.

"Untuk kebutuhan penyelidikan sudah mengundang, ya. Untuk permintaan keterangan itu 49 (orang), baik itu pejabat, ASN di lingkungan Kementan. Termasuk pak menteri (Syahrul Yasin Limpo)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (5/7).

Ali mengatakan saat ini KPK tengah menganalisis keterangan para pihak tersebut dan mengumpulkan berbagai alat bukti lainnya. Untuk menetapkan tersangka dan menaikan status ke tingkat penyidikan.

Apabila berdasarkan analisis ditemukan peristiwa pidana dan ditemukan orang yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, maka hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan meningkatkan proses penyelidikan ke tahap penyidikan.

Kendati demikian, KPK juga tak menutup kemungkinan kembali memanggil 49 orang untuk diperiksa sebagai saksi. Apabila diperlukan demi proses penyelidikan yang sedang berjalan.

"Kalau memang dibutuhkan kembali, ya, siapa pun dari 49 itu pasti akan kami undang kembali dalam konteks penyelidikan," jelasnya.

Meski demikian, Ali tidak banyak menyampaikan secara detail kepada publik mengenai penyelidikan KPK di Kementan karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.

"Ketika penyidikan, kami akan sampaikan ke masyarakat setiap perkembangan sebagai bentuk keterbukaan kerja KPK di bidang penindakan. Karena dalam proses penyelidikan tentu belum bisa kami sampaikan materinya apa, siapa, apa yang kemudian dikonfirmasi dan lain-lain," papar Ali.

 

 

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement