Mobile Ad
KPK: Mentan Bakal Diperiksa Senin Pekan Depan

Jumat, 16 Jun 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) tidak hadir dalam pemeriksaan pada hari ini, Jumat (16/6). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melayangkan kembali surat pemanggilan terhadap politisi Partai Nasdem itu.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa Syahrul Yasin Limpo akan diperiksa pada Senin (19/6) sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Tim penyelidik segera kirimkan kembali undangan permintaan keterangan dimaksud untuk dapat hadir pada Senin (19/6/2023)," kata Ali dalam keterangannya, Jumat (16/6).

Dalam surat pemanggilan yang kedua tersebut, Ali meyakini Mentan Syahrul Limpo akan hadir di gedung merah putih KPK untuk dimintai keterangan.

"Kami berharap dan meyakini yang bersangkutan akan hadir pada undangan berikutnya," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ali, keterangan yang disampaikan Syahrul Yasin Limpo kepada penyidik untuk menentukan status berikutnya. Dalam penyelidikan kasus dugaan korupsi ini, apakah bisa dinaikan ke penyidikan atau tidaknya.

"Permintaan keterangan tersebut dibutuhkan, sehingga segera dapat kami lakukan analisis untuk menentukan sikap berikutnya pada tahap proses penyelidikan ini," tuturnya.

Sebelumnya, KPK melakukan pemanggilan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk dimintai keterangan pada Jumat (16/6/2023).

Wakil ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan bahwa pemeriksaan tidak jadi dilakukan hari ini karena Mentan SYL sedang berada di India.

“Iya yang bersangkutan (SYL) memberitahu KPK bahwa yang bersangkutan terjadwal kegiatan ke India,” kata Ghufron kepada wartawan, Jumat (16/6).

Ghufron kemudian mengatakan bahwa pemanggilan akan dijadwalkan kembali pada 27 Juni 2023 sesuai dengan permintaan Syahrul Yasin Limpo.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement