Mobile Ad
Menkominfo Johnny Plate Siap Diperiksa Kejagung Selasa Pekan Depan

Jumat, 10 Feb 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate akan hadiri pemeriksaan penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) pada Selasa, 14 Februari dalam perkara dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo periode 2020-2022.

Johnny akan diperiksa Selasa pekan depan. Karena hari ini dia mangkir dari panggilan penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung). Alasannya mendampingi Presiden Jokowi. Johnny diperiksa sebagai saksi untuk memberikan keterangan terkait perkara korupsi pengadaan menara BTS.

Jampidsus Kejagung, Febrie Adriansyah meyakini bahwa Menkominfo Johnny Plate akan menghadiri pemeriksaan di gedung bundar Kejagung karena sudah mengirimkan surat pada hari ini.

"Selasa datang lah. Masa menteri sudah berikan surat hari ini, Selasa pasti datang," kata Febrie kepada forumterkininews.id di kantornya, Kamis (9/2).

Menurut Febrie, Johnny sebagai Menkominfo akan menghormati proses hukum yang tengah dilakukan penyidik Kejagung terkait kasus dugaan korupsi penyediaan menara BTS 4G di sejumlah daerah terpencil di Indonesia.

"Saya yakin (Johnny pasti datang) ya. Nggak mungkin seorang menteri (tidak hadir). Pasti penghormatan terhadap hukum itu pasti ada," tutur Febrie.


Dampingi Presiden

Diketahui, Menkominfo Johnny G Plate hari ini batal diperiksa terkait perkara dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G. Juga proyek infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Tahun 2020 sampai 2022.

Johnny Plate tidak bisa hadir karena mendampingi Presiden Jokowi Widodo menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional 2023 di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Saya mendapat surat yang dikirim Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait ketidakhadiran saksi JGP ( Johnny G Plate)," kata Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana.

Sebelumnya penyidik Jampidsus Kejagung mengagendakan pemeriksaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate. Dia diduga terlibat dalam perkara dugaan korupsi terkait penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Jhonny Plate akan diperiksa pada Kamis (9/2/2023) sebagai saksi untuk para tersangka. Dalam kasus korupsi pengadaan menara BTS 4G di sejumlah daerah terpencil.

Direktur Penyidikan pada Jampidsus, Kuntadi mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat panggilan. Untuk memeriksa Jhonny Plate sebagai saksi dalam perkara korupsi tersebut.

“Rencana akan kami periksa Menteri (Kominfo). Surat panggilan sudah dilayangkan kemarin,” kata Kuntadi saat ditemui di kantornya di gedung Bundar Kejagung, Rabu (8/2/2023).

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan Jhonny Plate untuk mendalami sejauh mana pelaksanaan pengadaan atau penyediaan BTS dan bagaimana pelaksanaanya.

Lebih lanjut dikatakan Kuntadi  bahwa penyidik juga akan mencecar politikus Partai Nasdem ini terkait proyek BTS. Proyek yang diduga merugikan keuangan negara karena pengadaan menara tersebut belum rampung dikerjakan. []

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement