Mobile Ad
Mentan Jadi Tersangka, KPK: Kasusnya Masih Penyelidikan

Rabu, 14 Jun 2023

Forumterkininews.id, Jakarta -

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah melakukan penyelidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).


Hal tersebut setelah beredar penetapan tersangka Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam kasus korupsi.


Penyelidikan yang dilakukan lembaga anti-rasuah itu disampaikan Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu saat dikonfirmasi wartawan.
"Saat ini masih proses penyelidikan (dugaan korupsi di Kementan)," kata Asep saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Rabu (14/6).


Meski demikian, Asep belum menjelaskan secara detail mengenai konstruksi kasus tersebut karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan dalam rangka pengumpulan alat bukti.


"Benar, masih dalam proses penyelidikan, mohon maaf belum ada informasi yang bisa kami sampaikan," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa dalam penyelidikan tersebut, tim penyidik telah memeriksa sejumlah pihak terkait dugaan tindak pidana korupsi tersebut.

"Sejauh ini yang kami ketahui benar, tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI," ujar Ali dalam keterangan saat dikonfirmasi, Rabu (14/6).

Ali menyebut penyelidikan tersebut sebagai tindak lanjut atas laporan masyarakat yang diterima KPK dan ditindaklanjuti dengan proses penegakan hukum. Kemudian dilakukan ekspose untuk menentukan status proses hukum.


Namun, Ali belum bisa memberikan penjelasan detail soal kasus tersebut karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.


"Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut," jelasnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement