Mobile Ad
Mudik 2024: Kemenhub Berikan 39.289 Tiket Gratis Angkutan Laut

Kamis, 21 Mar 2024

FTNews - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan tiket gratis angkutan laut pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi menyebut, sebanyak 49 ruas tiket gratis telah tersebar di seluruh pelabuhan Indonesia. Dengan total keseluruhan 39.289 tiket penumpang gratis.

"Program Mudik Gratis dan Tiket Gratis ini merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendukung mobilitas masyarakat. Serta meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan selama periode mudik Lebaran tahun 2024," ujar Antoni, Rabu (20/3).

Selain itu, program ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan sepeda motor di jalan raya selama periode mudik.

Kemenhub, lanjutnya,  juga telah menginisiasi program Mudik Gratis Sepeda Motor serta penyaluran Tiket Gratis untuk angkutan laut.

Suasana Pelabuhan Bakauheni dipenuhi antrean kendaraan roda empat yang akan masuk ke kapal penyeberangann ferry. (Foto: Antara)

"Pada ruas Mudik Gratis Sepeda Motor Jakarta-Semarang, sebanyak 9.600 penumpang dan 4.800 sepeda motor akan mendapatkan akses gratis untuk melakukan perjalanan mudik,"paparnya.
Cara Daftar

Antoni menambahkan, untuk pendaftaran dan cara mendapatkan tiket gratis, masyarakat dapat langsung menghubungi operator pelayaran yang Kemenhub tunjuk.

Proses pendaftaran untuk program mudik gratis ini pun dapat dilakukan melalui website resmi mudikgratis.dephub.go.id

Dengan total peserta mencapai 48.889 penumpang ekonomi dan 4.800 sepeda motor yang tersebar di 50 ruas trayek pelabuhan, dia berharap program ini dapat memberikan memudahkan para pemudik.

"Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi semua pemudik. Dan semoga perjalanan mereka selamat,"pungkasnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement