Mobile Ad
Pelaku Penipuan Gunakan Tiga Rekening Tampung Uang Barcode Qris Kotak Amal Masjid

Rabu, 12 Apr 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengungkapkan bahwa pria bernama Mohammad Iman Mahlil Lubis (38) dalam melancarkan aksi penipuan menggunakan tiga rekening untuk menampung uang dari barcode Qris yang ditempelkan di masjid wilayah Jakarta.

“Temuan sementara rekening penampung ada tiga," kata Aulianysah, di Mapolda Metro Jaya, pada Selasa (11/4).

Sementara itu ia belum dapat memastikan total keuntungan yang didapat dari aksi penipuannya tersebut.

“Terkait jumlah dan yang lainnya masih kita lakukan pengembangan masih kita melakukan pendalaman,” ujar Auliansyah.

Akibatnyatersangka dikenakan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45a ayat 1 dan/atau Pasal 35 juncto 51 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 80 dan/atau Pasal 83 UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan/atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal lima tahun penjara.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pria yang melakukan penipuan berkedok menempelkan scan Qris di kotak amal masjid yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/4).

Pada video yang diunggah dalam akun instagram @jakartakota_, tampak seorang pria mengenakan kacamata dan kemeja berwarna biru dongker berjalan ke arah teras sebuah masjid dengan membawa sehelai kertas yang berisi kode qris tersebut.

Kemudian pria tersebut terlihat memantau situasi dengan sesekali menengok ke kanan dan kiri halaman masjid dan setelahnya menempelkan kertas qris diatas sejumlah kotak amal masjid tersebut.

Selanjutnya pria tersebut bergegas meninggalkan masjid setelah melancarkan aksinya menempelkan kertas qris pada kotak amal.

Selain itu dalam keterangan yang diunggah pada video tersebut tertulis waspada ‘scan qris palsu’ di kotak amal, gunakan uang tunai jika ragu saat hendak shodaqoh.

“Hati-hati terutama para DKM Masjid. Telah terjadi modus penipuan mengganti barcode Qris kotak amal Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan, Lantai 7,” tulis keterangan pada unggahan video.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement