Mobile Ad
Penangkapan Tiga Artis karena Narkoba Bagian "Operasi Petik"

Kamis, 16 Des 2021

Forumterkininews.id, Jakarta - Tiga artis ditangkap tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba beberapa waktu lalu. Diduga penangkapan Jeff Smith, Bobby Joseph dan Rizky Nazar bagian dari "operasi petik".

Dari ketiga penangkapan pemain sinetron dengan kasus berbeda-beda dan tidak saling terkait, tidak ada satu pun pengedar atau bandar yang ditangkap sampai saat ini. Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso mensinyalir penangkapan terhadap pemakai atau penyalahguna narkoba adalah bagian dari "operasi petik".

"IPW mensinyalir penangkapan-penangkapan terhadap pemakai atau penyalahguna narkoba adalah bagian dari 'operasi petik' dengan target untuk memenuhi target jumlah perkara yang menjadi target bukan untuk pemberantasan narkoba," kata Sugeng kepad forumterkinews.id, Kamis (16/12/2021).

Diterangkan Sugeng, bahwa operasi ini pasti melibatkan bandar kecil sebagai informasi. Akan tetapi sambungnya, mereka ditangkap bukan untuk mengungkap jaringan yang besar atau lebih luas lagi.

"Beberapa laporan yang IPW terima seperti kasus-kasus itu bahkan para pengguna ini akan jadi ajang transaksional para petugas," ujar Sugeng yang berlatar belakang pengacara ini.

Menurutnya penindakan model "operasi petik" ini bukanlah suatu penegakan hukum untuk pemberantasan narkoba. "Karena itu IPW mendorong pimpinan kesatuan harus mengungkap bandar-bandar besarnya. Kalau tidak operasi petik ini adalah operasi tidak berguna untuk kepentingan pemberantasan narkoba," tandasnya.

Seperti diketahui, Jeff Smith kembali ditangkap pada 8 Desember 2021 lalu di rumahnya. Ia diamankan oleh Satnarkoba Polres Jakarta Barat di kediamannya di kawasan Kota Depok, Jawa Barat. Polisi hanya menangkap Jeff dan barang bukti narkotika jenis LSD. Sementara, bandarnya masih diburu.

Kemudian Bobby Joseph ditangkap pada Jumat (9/12) dini hari. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan mengatatakan Satnarkoba Polres Tangsel mendapatkan informasi bahwa Bobby akan membeli sabu di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Namun, akhirnya berpindah lokasi ke kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

Polisi hanya menangkap Bobby dan barang bukti sabu seberat 0,49 gram. Untuk pengedar atau bandar berinisial J belum tertangkap.

Dan yang terakhir adalah Rizky Nazar. Ia ditangkap sedang asyik ngeganja di rumahnya di kawasan Kramatjati, Jakarta Timur, pada Senin (13/12) malam. Artis tersebut ditangkap oleh Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan dengan barbuk ganja kering seberat 1 gram.

Dari hasil pemeriksaan ganja tersebut didapat dari pengedar bernama Ipang yang saat ini masuk daftar pencarian orang (DPO).

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement