Mobile Ad
Polisi Ringkus Pelaku Penipuan Barcode Qris Kotak Amal Masjid

Selasa, 11 Apr 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Polisi meringkus seorang pria yang melakukan penipuan berkedok menempelkan kertas barcode Qris di sejumlah masjid yang terletak di Jakarta, pada beberapa waktu lalu.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis mengatakan bahwa pria tersebut berinisial MIML (38).

“Yang bersangkutan adalah yang membuat atau meletakan Qris di beberapa tempat,” kata Aulianysah, di Mapolda Metro Jaya, pada Selasa (11/4).

Sementara itu penangkapan ini diawali adanya kecurigaan seorang pengurus masjid Nurul Iman di Blok M Square pada 9 April 2023.

“Salah satu marbot menanyakan kepada pengurus mesjid lainnya siapa yang menempel Qris ditembok masjid tersebut. Kemudian di cek lagi ada dibeberapa tempat atau dinding telah tertempel Qris tersebut,” ucap Auliansyah.

Kecurigaan tersebut dilaporkan oleh Dewan Pengurus Masjid ke Polsek di Jakarta Selatan. Setelah itu ditindaklanjuti oleh Polda Metro Jaya bagian Subdit Siber.

“Kemudian kami bersama-sama menindaklanjuti laporan tersebut dan akhirnya kami mengamkan satu orng berinisial MIML,” ungkap Auliansyah.

Akibat perbuatannya tersebut tersangka dikenakan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45a ayat 1 dan/atau Pasal 35 juncto 51 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016.

Tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 80 dan/atau Pasal 83 UU Nomor 3 Tahun 2011. Tentang Transfer Dana dan/atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal lima tahun penjara.
Baca Juga: Polisi Selidiki Pelaku Penipuan Tempel Barcode Qris di Kotak Amal Masjid

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pria yang melakukan penipuan. Ia melakukan penipuan berkedok menempelkan scan Qris di kotak amal masjid yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/4).

Pada video yang diunggah dalam akun instagram @jakartakota_, tampak seorang pria mengenakan kacamata dan kemeja berwarna biru dongker berjalan ke arah teras sebuah masjid. Dengan membawa sehelai kertas yang berisi kode qris tersebut.


 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement