Mobile Ad
Polri Minta Isu Jet Pribadi yang Digunakan Hendra Kurniawan Tidak Melebar

Kamis, 22 Sep 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Mabes Polri menyatakan penggunaan jet pribadi oleh Brigjen Pol Hendra Kurniawan menggunakan masuk materi pemeriksaan tim khusus (Timsus).

"Itu bagian materi dari Timsus," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/9).

Dedi mengatakan isu penggunaan jet pribadi oleh Hendra Kurniawan tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, saat ini Timsus fokus menuntaskan perkara pembunuhan Brigadir J. Tentunya diikuti dengan perkara dugaan menghalangi penyelidikan atau obstruction of justice yang melibatkan delapan personel Polri.

"Tim fokus menuntaskan dan menunggu dari Kejaksaan Agung berkasnya. Tim juga fokus menyelesaikan sidang kode etik. Itu fokusnya, jadi tidak perlu melebar ke mana-mana," ujar Dedi.

Sebelumnya, IPW mengidentifikasi jenis private jet yang digunakan Hendra Kurniawan dan kawan-kawan ke Jambi yakni tipe Jet T7-JAB.

Dihubungi terpisahkan, Ombudsman RI (ORI) Yohanes Widiantoro mendorong Polri mengusut penggunaan jet pribadi oleh petinggi Polri karena patut diduga terjadi penyalahgunaan wewenang.

"Prinsipnya ORI akan mempertanyakan ke Irwasum atas masalah tersebut dan mendorong Polri profesional dalam kasus ini. Kami di internal sedang mempersiapkannya. Soal penyalahgunaan wewenang mesti didalami dulu," kata Yohanes.

Brigjen Polisi Hendra Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice bersama mantan pimpinannya Ferdy Sambo yang dulu menjabat sebagai Kepala Divisi Propam Polri.

Total ada tujuh tersangka, selain dua orang tadi, tersangka lainnya yakni Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, Kombes Pol. Agus Nur Patria, AKBP Arif Rahman Arifin, dan AKP Irfan Widyanto.

Berkas perkara tujuh tersangka obstruction of justice telah dilimpahkan oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ke Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Agung pada Kamis (15/9) lalu untuk tahap satu (I).

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement