Mobile Ad
Polri Sebut Timsus dan Polres Jaksel Berbeda Penyelidikan

Jumat, 15 Jul 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Mabes Polri menyebut bahwa Tim Khusus (Timsus) dan Polres Jakarta Selatan (Jaksel) serta Komnas HAM melakukan penyelidikan yang berbeda terkait kasus polisi tembak polisi di kediaman Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Inafis bekerja, kemudian laboratorium forensik tetap bekerja, kemudian dari kedokteran forensik tetap bekerja. Semua tetap bekerja. Termasuk yang proses penyelidikan Bareskrim tetap bekerja," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/7).

Nantinya, hasil kesimpulan penyelidikan, kata Dedi, akan disampaikan ke publik terkait fakta hukum secara yuridis.

"Tim akan menyampaikan fakta-fakta yuridis dan fakta data-data yang bisa dibuktikan secara scientific," ucapnya.

Kini, dalam penyelidikan, tim bekerja diawasi oleh Kompolnas dan Komnas HAM yang juga bekerja secara imparsial dan sesuai dengan SOP masing-masing.

"Sudah ada pembagian tupoksi masing-masing. Itu akan dilakukan oleh tim agar kasus ini betul-betul sesuai dengan arahan bapak Kapolri, secara terang benderang bisa disampaikan kepada masyarakat dengan didukung pembuktian secara ilmiah," tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menolak bergabung dengan Tim Khusus (Timsus) bentukan Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit.

Komnas HAM akan tetap independen dalam mengusut peristiwa polisi tembak polisi di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan pihaknya akan tetap di luar Timsus yang dikomandoi oleh Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono.

“Komnas akan bekerja sendiri begitu, tentu saja dengan SOP dan mekanisme yang ada di internal Komnas HAM. Jadi kami bukan bagian dari Tim Khusus atau tim gabungan,” kata Beka di Mabes Polri, Rabu (13/7) malam.

Diketahui, kasus ini menarik perhatian publik mengingat ada sejumlah kejanggalan, seperti izin penggunaan senjata oleh anggota yang masih berstatus tamtama serta bukti CCTV yang rusak.

Peristiwa penembakan antar anggota Polri terjadi di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga No. 46 kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/7) pukul 17.00 WIB.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement