Mobile Ad
Psikolog Sebut Ricky Rizal Miliki Kecerdasan di Atas Rata-rata, Respon Tepat Terhadap Tekanan

Rabu, 21 Des 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Ahli Psikologi, Dr Reni Kusumowardhani mengungkapkan Ricky Rizal memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan juga respon yang tepat terhadap tekanan dan lingkungan.

Hal ini dinyatakan dirinya saat hadir sebagai saksi dalam sidang terhadap lima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Rabu (21/12).

Awalnya jaksa penuntut umum (JPU) menanyakan kepribadian Ricky Rizal.

"Untuk (kepribadian) Ricky Rizal gimana?," tanya Jaksa.

Kemudian Reni menjelaskan bahwa Ricky Rizal memiliki kecerdasaan di atas rata-rata dan respon adaptif (mudah menyesuaikan diri) terhadap lingkungannya.

"Untuk bapak Ricky, ini kecerdasannya baik tergolong di atas rata-rata dibandingkan individu kelompok usianya. Juga tampak mampu mengaktualisasikan potensi intelektual yang dimilikinya untuk merespon terhadap lingkungannya secara adaptif," jawab Reni.

Selain itu Ricky Rizal juga dinilai memiliki fungsi memori yang baik dan kemampuan respon yang tepat terhadap tekanan dan lingkungannya.

"Ricky memiliki kapasitas dan fungsi memorinya juga baik, kemampuannya tergolong baik di dalam menangkap informasi, menyimpan, dan mengolah, serta mengungkapkannya kembali, jadi daya ingatnya juga baik dan atas dasar itu ia memiliki kemampuan merespon secara tepat terhadap tekanan dan lingkungan," kata Reni.

"Emosinya juga stabil dan memahami dan memiliki satu prinsip," lanjut Reni.

"Untuk sugestibilitasnya dan kepatuhan?," ucap Jaksa

"Suggestibility-nya rendah. Untuk kepatuhannya rata-rata sampai tinggi," ujar Reni.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement