Mobile Ad
Puluhan WNI Korban TPPO Myanmar Mendarat di Bandara Soetta

Sabtu, 27 Mei 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Puluhan warga negara Indonesia (WNI) korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Indonesia, pada Jumat (26/5).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan bahwa mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jumat sekitar pukul 02.06 dini hari WIB.

“Pada hari Jumat, 26 Mei 2023 pukul 02.06 WIB sebanyak 26 WNI korban TPPO telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta dari Bandara Don Muang, Bangkok,” ucap Ramadhan, dalam keterangannya, dikutip pada Sabtu (27/5).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dalam pemulangan para WNI ini pihaknya didampingi oleh Atase Polri, Atase Riset, dan fungsi Protokol dan Konsulen KBRI Myanmar.

“Saat tiba di Jakarta dilaksanakan serah terima oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri kepada Kementerian Sosial,” kata Ramadhan.

Selanjutnya para WNI korban TPPO ini ditempatkan di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC).

Sebelumnya diberitakan, Penyidik Bareskrim polri menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan korban 20 Warga Negara Indonesia (WNI) di Myanmar. Dua orang tersangka merupakan WNI berinisial AT dan AD.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, mengatakan bahwa penetapan 2 orang tersangka merupakan hasil pemeriksaan terhadap 9 orang saksi.

“Dalam pemenuhan unsur unsur pidana tindak pidana perdagangan orang berdasarkan keterangan 9 orang saksi yang telah diperiksa, telah memenuhi unsur dan semua keterangan mengarah kepada dua tersangka atas nama AT dan AD,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/5) lalu.

Sandi menambahkan, modus 2 orang tersangka yakni memberangkatkan korban dengan tujuan dieksploitasi di Myanmar menjadi operator online scamming, dengan target Warga negara Amerika dan Kanada.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement