Mobile Ad
Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Peragakan 78 Adegan dari Magelang Hingga Duren Tiga

Selasa, 30 Agt 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Rekonstruksi pembunuhan berencana Brigadir J memperagakan 78 adegan yang dimulai dari rumah di Magelang, dan berlanjut di kediaman pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling III hingga di rumah dinas Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Rekonstruksi pada hari ini akan meliputi 78 adegan, di rumah Magelang sebanyak 16 adegan dari peristiwa tanggal 4 hingga tanggal 7 Juli," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8).

Selanjutnya pada tanggal 8 Juli, di rumah pribadi Ferdy Sambo, memperagakan 35 adegan pada saat sebelum peristiwa penembakan di rumah dinas Komplek Polri, Duren Tiga.

"Di rumah Saguling sebanyak 35 adegan, meliputi peristiwa tangal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J," jelasnya.

"Kemudian di rumah dinas Komplek Polri Duren Tiga sebanyak 27 adegan terkait peristiwa pembunuhan Brigadir J," sambungnya.

Diketahui, pihak-pihak yang dihadirkan dalam rekonstruksi adalah penyidik Polri, kelima tersangka didampingi pengacaranya, jaksa penuntut umum (JPU) kemudian pihak dari eksternal Polri, yakni Kompolnas dan Komnas HAM.

Kelima tersangka tersebut, yakni Irjen Pol. Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf dan Putri Candrawathi.

Untuk tersangka Bharada Richard Eliezer karena berstatus saksi pelapor atau Justice Collaborator, penyidik Bareskrim Polri tengah tengah berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) apakah akan dihadirkan langsung di TKP atau menggunakan peran pengganti.

"Sedang dikoordinasikan dengan LPSK," Direktur Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi.

Dalam pelaksanaan rekonstruksi nantinya, kata Andi, pengamanan terhadap para tersangka dilakukan sesuai standar pengamanan terhadap tahanan.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement