Mobile Ad
Siap Depak! Ini Cara Tim U-16 Indonesia Hadapi Australia

Senin, 01 Jul 2024

FTNews - Langkah Garuda Muda hingga semifinal sungguh luar biasa, saat ini cara tim U-16 Indonesia hadapi Australia terbilang sulit. Sehingga pelatih Nova Arianto menyiapkan berbagai strategi yang ada.

Kita ketahui bahwa langkah tim Merah-Putih di AFF U-16 tersebut tergolong mulus. Berbagai pertandingan membawanya hingga saat ini dengan baik. Bahkan mereka berhasil menaklukan Grup A tanpa mengalami kekalahan satu kali pun.

Hal tersebut yang membawa tim Garuda sampai ke semifinal melawan Australia di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (1/7). Nova mengatakan bahwa walaupun lawannya sulit tapi berbagai cara sudah ia siapkan.

Pelatih tim U-16 Indonesia, Nova Arianto. (Foto: PSSI)

"Ada beberapa pemain Australia yang kami waspadai dan mereka menjadi pemain kunci dari Australia, itu menjadi catatan bagi kami dan kita harus waspadai mereka. Postur tubuh dan cara bermain mereka cukup baik dan itu yang kita antisipasi. Laga besok juga momen melihat perkembangan pemain terutama mental mereka untuk kualifikasi Piala AFC U-17 mendatang yang kita ketahui bersama satu grup dengan Australia," ujar asisten pelatih timnas Indonesia senior tersebut.

Sebelumnya Indonesia berhasil menaklukan lawan Singapura dengan skor 3-0, kemudian Filipina 3-0. Serta terakhir membabat habis Laos 6-1 yang membuat langkah besar Indonesia sampai semifinal.

Catatan Indonesia Vs Australia AFF U-16


Tim U-16 Indonesia. (Foto: PSSI)

Australia sendiri memiliki pencapaian yang baik sama seperti Indonesia dalam AFF U-16. Sekiranya mereka berhasil memberikan gelar juara dua kali tahun 2008 dan 2016, kemudian runner-up tahun 2012. Lanjutnya, sebanyak tiga kali menempati peringkat ketiga tahun 2013, 2015 dan 2017.

Sedangkan Skuat Garuda sendiri sudah berhasil mendapatkan dua gelar juara tahun 2018 dan 2022. Selanjutnya, runner-up tahun 2013 serta peringkat ketiga sebanyak dua kali tahun 2002 dan 2019. Terakhir mereka berhasil menempati peringkat empat pada tahun 2007 dan 2010.

Tim U-16 Indonesia. (Foto: PSSI)

Ini menjadi sebuah catatan yang imbang mengingat keduanya merupakan negara yang cukup kuat pada level umur. Sehingga Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih kemenangan dalam ajang ini.

Terlebih tim yang Nova buat merupakan pemain terpilih yang memiliki mentalitas serta kekuatan yang besar. Ramuan mantan pemain Persib Bandung itu tergolong berhasil dengan pembentukan fisik yang sangat baik. Sehingga seluruh pemain saat bertanding dapat bermain hebat selama 90 menit waktu normal.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement