Mobile Ad
Tak Hanya Lukas Enembe, Deretan Koruptor Ini Meninggal saat Ditahan KPK

Rabu, 27 Des 2023

FTNews, Jakarta - Praktik korupsi di Indonesia belum usai. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menangkap koruptor dan menjebloskannya ke penjara.Namun tidak semua terpidana menyelesaikan masa hukumannya. Beberapa tahanan meninggal saat menjalani masa hukuman.Berikut ini sejumlah tahanan yang berpulang saat menjalani hukuman.

Lukas Enembe

Foto Lukas Enembe.(Foto: Antara/Reno Esnir/hp)Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia pada 26 Desember 2023. Ia meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.Lukas memang sudah banyak memiliki komplikasi kesehatan. Mulai dari sakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman penjara selama delapan tahun dan denda sejumlah RP500 Juta. Selain itu, PN Jakarta pusat menuntut Lukas Enembe untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp19.690.793.900 dalam kurun waktu satu bulan.

Agus Rama

Foto Agus Rama. Foto: Istimewa Mantan anggota DPRD Provinsi Jambi, Agus Rama, meninggal dunia pada 1 November 2023. Agus diduga terjatuh di kamar mandi, lalu segera dibawa ke RSUD Raden Mattaher Jambi dengan pengawalan petugas Lapas dan dokter Lapas menggunakan ambulans. Pasien tiba di IGD dalam kondisi meninggal atau death on arrival. Tidak ada denyut jantung, pupil dilatasi dengan rangsang cahaya, dan EKG flat.Agus merupakan tahanan KPK sejak 24 Oktober 2023 atas tindak pidana korupsi dan suap RAPBD Jambi 2017-2019. Dalam kasus ini, Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola juga terlibat dalam kasus ini.

Hengky Wijaya

Hengky Wijaya saat menjalani pemeriksaan oleh KPK. Foto: IstimewaMantan Direktur Utama PT Traya Tirta Makassar, Hengky Widjaja, meninggal dunia setelah menjadi tahanan KPK. Hengky meninggal pada tanggal 2 Februari 2016 di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Hengky dirawat di rumah sakit sejak 27 Januari 2016.Hengky merupakan terdakwa kasus korupsi proyek PDAM di Kota Makassar tahun anggaran 2006-2012. Ia diduga melakukan penyuapan kepada mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Ia sedang menjalani persidangan dengan dakwaan memberi Rp5,5 miliar kepada mantan Wali Kota Makassar saat meninggal.

Johan Anwar

Foto Johan Anwar. Foto: IstimewaSaat menjadi tahanan tersangka korupsi KPK, Johan Anwar, mantan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu meninggal dunia. Ia meninggal pada tanggal 10 Januari 2022 di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang.Karena sedang sakit, pihak KPK juga melakukan pembantaran. Berdasarkan penetapan Hakim MA dengan Nomor Surat 618/TUT.01.10/24/08.2021, memperbolehkan Johan Anwar untuk melakukan pengobatan di rumah sakit terhitung sejak 18 Agustus 2021 sampai dinyatakan sembuh.

Fuad Amin Imron

Foto Fuad Amin Imron. Foto: Istimewa Mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron, meninggal dunia di RS Graha Amerta RSU dr Soetomo, Surabaya pada tanggal 16 September 2019. KPK menciduk Fuad pada akhir 2014. KPK menuduh Fuad menerima hadiah terkait jual-beli pasokan gas alam untuk pembangkit listrik tenaga gas di Gresik dan Gili Timur. Selain itu, Fuad juga melakukan korupsi dan pencucian uang ratusan miliar rupiah. Fuad Amin sering meminta izin untuk berobat saat di penjara. Ia menderita komplikasi penyakit.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement