Mobile Ad
Tiba di Polda Metro, Aiman Witjaksono Bawa 15 Pendamping

Jumat, 26 Jan 2024

FTNews - Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono tiba Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan kasus tudingan ‘Polisi Dukung Prabowo’, pada Jumat (26/1) hari ini.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan bahwa yang bersangkutan tiba sekitar pukul 11.25 WIB.

“Saudara Aiman Witjaksono telah tiba di ruang riksa penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” jelas Ade Safri, kepada wartawan, Jumat (26/1).
Dalam pemeriksaan ini Aiman Witjaksono bersama 15 orang pendampingnya.

“Pemeriksaan terhadap saksi Aiman Witjaksono di Ruang Riksa Subdit Siber didampingi Kuasa Hukum Iffal Kasim dan Finsensius Mendrofa,” kata Ade Safri.

Terpisah, Aiman Witjaksono menyebutkan pemeriksaannya di Polda Metro Jaya, advokat BAKI GAMA 03, tim hukum TPN Ganjar-Mahfud, dan juga relawannya turut mendampinginya. 

“Luar biasa saya apresiasi sekali,” kata Aiman.


Kritik Berujung Pidana


Aiman mengatakan pendampingan terhadapnya lantaran adanya pelaporan atasnya. Sebuah kritik yang berujung proses pidana. 

“Karena ini bukan bicara soal saya Aiman, terlalu kecil. Tapi ini bicara soal bagaimana hal yang sifatnya mengkritik tapi kemudian berujung pada proses pidana,” jelas Aiman.

Sebagai informasi, Tim penyidik Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya meningkatkan status kasus Aiman Witjaksono ke tahap penyidikan. Kasus ini terkait dugaan penyebaran berita bohong soal tudingan ‘Polisi Dukung Prabowo’.
Peningkatan status kasus ini usai gelar perkara pada 28 Desember 2023.

Aiman pun kala itu merasa janggal dengan adanya peningkatan status pelaporannya di Polda Metro Jaya.

“Jika benar (naik ke penyidikan) ini hal yang aneh bin janggal, kenapa? Karena apa yang saya sampaikan jauh lebih detil. Jadi kalo ini masih terus diproses pertanyaannya ada apa? Kenapa kemudian ini diproses hukum. Nah jawaban ini saya serahkan penilaiannya kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Aiman.

Siap Jalani


Sementara itu Kuasa Hukum Aiman Witjaksono, Ronny Talapessy mengatakan pihaknya akan tetap menghormati proses hukum yang tengah berjalan di Polda Metro saat ini.

“Kami di TPN sedang membahas strategi hukum dalam hal pendampingan terhadap Mas Aiman,” ujar Ronny.

Kemudian Ronny menuturkan, dalam peningkatan status ini pihaknya merasa kecewa lantaran kebebasan pendapat mendapat suatu tantangan yang serius.

Selanjutnya Ronny menjelaskan, pihaknya kembali mengingatkan kepada penegak hukum untuk tetap netral di Pemilu 2024. Tidak menggunakan hukum sebagai instrumen dalam rangka menekan tim-tim paslon, tim capres tertentu.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement