Mobile Ad
Tidak Hanya Ferdy Sambo, Tahanan Ini Juga Dirumorkan dapat "Privilege"

Jumat, 05 Jan 2024

FTNews - Baru-baru ini tersiar kabar mengenai dugaan narapidana pembunuhan berencana Ferdy Sambo mendapat privilege. Alvin Lim pengacara kondang mengungkapkan hal itu dalam sebuah podcast bersama Dokter Richard Lee.

Alvin menyebut Ferdy tidak berada pada sel tahanan yang seharusnya. Tetapi ia berada pada ruangan yang nyaman lengkap dengan pendingin AC.

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo mendapatkan hukuman pidana penjara seumur hidup lewat putusan Mahkamah Agung (MA) atas aksi kejinya. Pembunuhan berencana kepada Brigadir Yosua ajudannya.

Rumor napi mendapat keistimewaan di sel rupanya tak hanya menimpa suami Putri Candrawati ini saja. Ternyata terdapat beberapa nama lain, yang pernah diisukan mendapatkan privilege serupa dengan fasilitas yang mewah.

Alvin Lim sempat menjadi tahanan di Rutan Salemba karena tindak pidana pemalsuan surat. Oktober 2022 ia menjalani masa tahanan setelah Kejagung jemput paksa. Ia pun lantas dapat vonis penjara 4,5 tahun. Namun beberapa bulan mendekam di balik jeruji besi ia pun dibebaskan.

Gayus Tambunan


Terpidana korupsi Gayus Tambunan yang menjalani hukuman tujuh tahun penjara misalnya. Di tahun 2010 Gayus pernah menjadi sorotan publik setelah terdeteksi tidak berada pada sel penjaranya di Mako Brimob.

Kala itu terkuak setelah adanya inspeksi yang Mabes Polri lakukan secara mendadak. Diketahui Gayus, menyuap para petugas tahanan Mako Brimob, agar mendapatkan kemudahan askes keluar masuk penjara.

Setya Novanto


Terpidana korupsi e-KTP, Setya Novanto juga pernah menjadi buah bibir masyarakat setelah isu yang beredar mendapatkan fasilitas yang mewah pada sel tahanannya.

Kala itu, tim dari Mata Najwa yakni Najwa Shihab pernah menyidak ke dalam sel Setya Novanto. Saat itu ia melihat sel tahanan yang cukup mencurigakan tidak seperti seharusnya. Karena nama pada sel tersebut juga terlihat masih baru, serta ada barang-barang milik wanita yakni parfum Victoria's Secret.

Terkuak saat tim Ombudsman RI melakukan inspeksi dadakan, ia mendapati exhaust fan dan lemari seperti kitchen set pada kamar tahanan. Dan pintu tahanan juga tidak seperti yang lainya yakni tidak digembok.

Freddy Budiman


Kartel narkoba, Freddy Budiman juga pernah menjadi sorotan publik karena ruangan tahanan yang sangat mewah. Gembong narkoba terpidana mati tahun 2013 tersebut, pernah terkuak ke publik bahwa pada selnya ia memiliki ruangan khusus.

Ruangan tersebut bernama bilik asmara, Vanny Rossyane mantan model majalah dewasa tersebut pernah mengaku bahwa adanya bilik tersebut di sel tahanan Freddy.

Selain itu Freddy saat dalam masa tahanannya masih melakukan transaksi pengedaran narkoba dengan mudah. Atas peristiwa itu, Kepala Lapas Sel Cipinang dipecat.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement