Mobile Ad
Usai Libur Sehari, Tata Steel Chess Kejutkan Dunia

Jumat, 19 Jan 2024

FTNews - Tata Steel Chess kembali lagi setelah satu hari libur dengan ronde kelimanya. Hasil pertandingan yang cukup mengejutkan terjadi di dalam ronde ini.

Satu-satunya wanita di sesi Masters, GM Ju Wenjun, berhasil memenangkan pertandingan pertamanya melawan GM Alireza Firouzja.

Sang juara dunia wanita ini berhasil mengalahkan Alireza Firouzja yang sebelumnya bersaing sengit dengan GM Anish Giri memperebutkan posisi pertama.

Ini adalah kemenangan pertama pecatur wanita melawan pecatur pria dalam top-10 di dunia setelah tujuh tahun.

Sebelumnya, mantan juara dunia wanita, GM Hou Yifan berhasil memenangkan pertandingannya melawan GM Fabiano Caruana di Grenke Chess Classic tahun 2017.

Kelasemen sementara Tata Steel Chess ronde kelima. Foto: chess.com

Kemenangan yang Sangat Intens dari Ju Wenjun


Ju Wenjun sempat terkejut karena ia tidak menyangka bahwa Alireza akan membuka permainan dengan pembukaan French Defense. Ju Wenjun pun akhirnya mengambil langkah yang lebih solid agar dapat bermain dengan aman.

Dalam pertandingan ini, Alireza sempat mengorbankan bidaknya, namun pengorbanan itu tidak terbayarkan. Permainan yang sangat bagus dari Ju Wenjun membuat Alireza kesulitan dalam mencari celah.

Pada di bagian penutup permainan, Ju Wenjun menunjukkan kelasnya sebagai juara dunia wanita. Ia memang memiliki keunggulan yang besar dalam posisinya. Akan tetapi, jika ia salah melangkah, Ju Wenjun akan kehilangan keunggulan tersebut dan permainan dapat berakhir menjadi remis.

Ju Wenjun harus menghitung 13 rangkaian langkah yang untuk mempertahankan keunggulannya. Ia harus menghitung dua rangkaian langkah yang sangat mirip. Satu rangkaian dapat mempertahankan keunggulannya dan membawa kemenangan, satu lagi dapat membawa permainan berakhir remis.

Ju Wenjun menemukan langkah yang membawa ia menuju kemenangannya. Ia berhasil memanfaatkan keunggulan untuk memenangkan pertandingan melawan Alireza.

Kemenangan ini juga merupakan kemenangan terbesar Ju Wenjun. 

Penutup Permainan


Saat ini, Ju Wenjun memiliki rating sebesar 2549 dan Alireza memiliki rating sebesar 2759. Ia berhasil memenangkan pertandingannya melawan seseorang yang memiliki 210 rating lebih tinggi dari dirinya.

“Saya merasa pada penutup permainan, ia (Alireza Firouzja) sudah berada di posisi kalah dan kesalahan langkahnya membuat ia sulit untuk bertahan,” ungkap Ju Wenjun saat wawancara bersama Tata Steel Chess 2024.

Pertandingan lainnya, GM Gukesh Dommaraju berhasil mengalahkan sang pemenang Candidate Tournament 2023, GM Ian Nepomniachtchi. Gukesh berhasil bermain dengan sangat baik dan mendapatkan poin penuh dari kemenangannya.

Sebanyak lima pertandingan lainnya berakhir dengan hasil remis. Saat ini, Anish Giri masih memimpin kelasemen sementara dengan 4 poin di ronde kelima ini.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement