Mobile Ad
Viral Polisi Izinkan Tahanan Peluk Anak di Jambi, IPW: Wujud Sikap Humanis Polri

Senin, 27 Mar 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang ayah yang menjadi tahanan di Polsek Maro Sebo, Jambi, memeluk anak perempuannya yang tengah membesuk pada Sabtu (25/3).

Video tersebut diunggah dalam akun media sosial twitter @Midhab_La_2.  Tampak seorang anak perempuan mengenakan baju dan rok pink tengah mengobrol dan dipeluk sang ayah dari dalam sel tahanan.

Selain itu tampak anak tersebut mencium pipi kanan dan kiri sang ayah. Tak lama kemudian gembok pintu sel tersebut dibuka oleh seorang anggota polisi yakni Bripka Handoko.

Selanjutnya tampak muka sang ayah yang tersenyum langsung menggendong anaknya dan mencium sambil menimang-nimang.

“Karena kepingin memeluk sang anak, Akhirnya saya buka pintu sel nya sebentar,” tulis keterangan dalam unggahan.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menanggapi hal ini. Ia mengatakan ini merupakan wujud sikap humanis anggota Polri yang dapat menumbuhkan respect masyarakat terhadap Polri.

“Sebagai seorang tersangka atau tahanan yang harus mempertanggung jawabkan perbuatannya. Ia tetap seorang manusia yang perlu diberi ruang ekspresi diantaranya memeluk anaknya. Tindakan Polisi tersebut dengan tetap  memperhatikan faktor keselamatan anggota, potensi keamanan ruang tahanan,” kata Sugeng, dalam keterangannya, Senin (27/3).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa IPW mendorong Polri agar terus menampilkan wajah Polri yang humanis dengan menghornati hak-hak tersangka atau terdakwa sesuai KUHAP. Dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan masyarakat, serta anggota Polri sendiri.

“IPW apresiasi tindakan seorang anggota Polisi Bripka Handoko yang membuka sel tahanan di Jambi memberikan kesempatan seorang tahanan bisa memeluk anaknya dan mendukung pernyataan Karo Penmas mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadan. Ia menyatakan tindakan Bripka Handoko tidak dipermasalahkan,” ucap Sugeng.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement