Lemkapi Apresiasi Penghapusan Sanksi Tilang Uji Emisi

Forumterkininews.id, Jakarta – Polda Metro Jaya menghapus sanksi tilang uji emisi bagi kendaraan yang tidak lolos. Penerapan sanksi tilang uji emisi bisa mengurangi kepercayaan publik terhadap Polri.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi langkah Polri menghentikan sanksi tilang uji emisi bagi kendaraan yang tidak lolos.

“Sehingga, kami menyambut baik pembatalan tilang terhadap kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi,” kata Edi dikutip Antara.

Ia menilai kebijakan ini tidak efektif dan menimbulkan kesan bahwa ada unsur kedekatan antara polisi dengan pemerintah daerah.

“Jangan ada kesan karena kepolisian memiliki hubungan baik dengan pemerintah daerah, lalu kepolisian mengorbankan masyarakat dengan memaksakan tilang. Apalagi Polri sendiri saat ini sudah menerapkan sistem penegakan hukum tilang elektronik atau ETLE,” ujarnya.

Solusinya, Edi menuturkan, solusi bijak dalam mengatasi polusi udara ialah membangun keja sama semua pemangku kebijakan. Selain itu, mengedepankan edukasi, penyuluhan, dan memberikan teguran simpatik untuk masyarakat. Sehingga, bisa meningkatkan kesadaran bagi masyarakat.

Polda Metro Jaya Menghentikan Razia Tilang Uji Emisi

Kepala Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Polda Metro Jaya Kombes Nurcholis mengatakan, Razia Uji Emisi dihentikan dan tidak lagi menerapkan sanksi bagi kendaraan yang tidak lolos.

Pihaknya akan mengimbau kendaraan untuk melakukan service terhadap kendaraan tersebut.

“Untuk ke depan tidak ditilang jika tidak lulus, tetapi diimbau untuk diservis. Imbauan juga untuk dealer dapat membantu servis kendaraan motor tersebut,” kata Nurcholis, Senin (11/9).

Artikel Terkait

Layanan Khusus Tri Bagi Pecinta E-Sport di PON XXI Aceh-Sumut

FT News - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH),...

Gianyar Bali 2 Kali Diguncang Gempa Pagi Tadi

FT News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)...

Polda Sumut Sukses Amankan Closing Ceremony PON XXI 2024

FT News - Polda Sumut sukses amankan Closing Ceremony...