LSM Surati Elon Musk, Minta Jangan Investasi Nikel di Indonesia

Forumterkininews.id, Washington – Puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) telah mengirimkan surat terbuka kepada Elon Musk. Mereka mendesak pimpinan Tesla itu untuk tidak berinvestasi di industri nikel Indonesia karena masalah lingkungan.

Melansir Reuters, Rabu (27/7), surat dari LSM  yang termasuk Wahana Lingkungan Hidup Indonesia dan Friends of the Earth Amerika Serikat itu, dikirim menyusul pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Musk di Texas pada Mei untuk membahas potensi investasi.

Indonesia yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Presiden Jokowi mengatakan ingin mengembangkan industri EV berbasis nikel di dalam negeri.

Pemerintah Indonesia sebelumnya juga melarang ekspor bijih nikel yang belum diolah mulai tahun 2020 untuk menjamin pasokan bagi investor.

Merespon hal itu, para pemerhati lingkungan khawatir bahwa proses tersebut akan melibatkan pembuangan limbah pertambangan ke laut.

Para LSM tersebut mengatakan dalam surat tersbuka bahwa kerusakan lingkungan akibat dari total luas hutan yang dikonversi menjadi pertambangan nikel, menyebabkan peningkatan deforestasi dan ancaman pencemaran air di sungai, danau, dan pantai.

Mereka merekomendasikan penghentian setiap rencana investasi langsung potensial di industri nikel Indonesia dan menghentikan sumber serta produksi nikel Indonesia di setiap lini bisnis Tesla.

Digunakan untuk meningkatkan penyimpanan baterai, nikel diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama beberapa tahun mendatang karena pemerintah, perusahaan, dan konsumen berusaha untuk mengurangi asap berbahaya yang dikeluarkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil.

Artikel Terkait