Makna Tersembunyi dari Posisi Duduk Jokowi dan Prabowo Subianto

FTNews –  Kunto Adi Wibowo pakar komunikasi politik Universitas Padjadjaran (Unpad) menyoroti perihal gestur dan ucapan dari Jokowi dan Prabowo Subianto terkait transisi pemerintahan.

Kunto menyoroti ucapan Menhan Prabowo Subianto yang mewakili Presiden Joko Widodo saat berbicara di Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK di Jakarta (18/7).

Selain itu, Kunto juga melihat bagaimana posisi duduk Prabowo dan Jokowi di sidang kabinet. Menurut Kunto, dari posisi tempat duduk itu seolah peran presiden sudah ditransfer secara perlahan.

Sementara itu, ia menilai acara tersebut juga sebagai upaya transisi nan mulus yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianti di IISS Singapura. Foto: @prabowo

 

“Jadi, harusnya dalam 100 hari pertama pemerintahan Prabowo kerjanya bisa lebih sat-set gitu, bisa lebih cepat, dan target-targetnya bisa lebih bagus,” ujarnya.

Walaupun demikian, ia menyebut terdapat perspektif lain dari apa yang dilakukan Jokowi tersebut.

“Dengan memberikan perhatian ekstra, memberikan perlakuan ekstra, tentu akan menambah utang budi Prabowo ke Jokowi, sehingga paling tidak soal IKN (Ibu Kota Nusantara) enggak diganggu, enggak diotak-atik, bahkan dilanjutkan, dan agenda-agenda Jokowi yang belum selesai juga akan terus dilanjutkan oleh Prabowo dan bahkan tidak mengganggu Gibran,” katanya.

Presiden Jokowi. Foto: Kementerian Kominfo

 

Sebelumnya, Prabowo mengungkap cara-cara Presiden RI Joko Widodo mempersiapkan penggantinya untuk memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan.

“Saya diinstruksikan mewakili Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo, dan dalam hal ini apa yang saya sampaikan sebetulnya adalah catatan-catatan, pointers dari beliau,” kata Prabowo.

“Saya kira Bapak Presiden ternyata sedang melatih saya untuk supaya nanti tidak terlalu kaget setelah saya dilantik, insya Allah,” sambungnya. [Antara]

Artikel Terkait