Masyarakat Lakukan Protes setelah Menlu Libya Temui Israel

Forumterkininews.id, Tripoli – Ratusan orang berdemonstrasi semalaman di ibu kota Libya dan provinsi-provinsi lain. Mereka marah karena laporan bahwa menteri luar negeri negara itu bertemu dengan diplomat tinggi Israel pekan lalu di Roma.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa berunjuk rasa di depan gedung Kementerian Luar Negeri di Tripoli pada Minggu (27/8) malam. Mereka menyerukan pemecatan Menlu Libya, Najla al-Mangoush.

Selain itu, beberapa pengunjuk rasa juga menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibeh, berkumpul di kediamannya di Tripoli dan membakarnya. Belum jelas apakah Dbeibeh ada di kediaman tersebut.

Malik Traina dari Al Jazeera mengatakan ada kemarahan yang meluas di Libya atas pertemuan al-Mangoush. Protes dimulai pada Minggu malam di bagian barat negara itu.

“Para pengunjuk rasa di al-Zawiya menyerukan kejatuhan seluruh pemerintahan akibat pertemuan ini. Orang-orang menutup jalan dan membakar ban di Tajoura dan Soug al-Jumaa. Kami melihat protes lain di Misrata,” katanya, kepada Al Jazeera.

Dbeibeh mengumumkan “penangguhan sementara” al-Mangoush. Dia menggantikannya dengan Fathallah al-Zani, menteri pemuda saat ini, sebagai menteri luar negeri sementara.

Dia menambahkan bahwa al-Mangoush akan menjalani “penyelidikan administratif”.

Artikel Terkait