Mata-mata AS Bilang, Asal Usul Covid-19 Tak Akan Pernah Diketahui

Forumterkininews.id, Washington – Agen mata-mata AS telah mengakui bahwa asal mula sebenarnya dari Covid-19 mungkin tidak akan pernah diketahui.

Melansir Skynews, Kantor Direktur Intelijen Nasional AS (ODNI) mengatakan, Jumat, (29/10),  teori asal muasal covid yang melibatkan penularan dari hewan atau kebocoran dari laboratorium Wuhan dikatakan cukup masuk akal.

Namun, kantor ODNI menambahkan bahwa analis tidak dapat menyetujui mana yang lebih mungkin. Mereka menolak saran bahwa virus itu berasal dari senjata biologis, dengan mengatakan pendukung teori ini tidak memiliki akses langsung ke Institut Virologi Wuhan.

Kantor tersebut juga mengatakan mereka yang berada di balik teori ini telah dituduh menyebarkan disinformasi.

Beberapa agen mata-mata AS mendukung teori bahwa virus itu berasal dari alam tetapi hanya ada sedikit bukti untuk teori tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam laporan ODNI, yang merupakan pembaruan dari tinjauan 90 hari yang dirilis pemerintahan Presiden Joe Biden pada Agustus  lalu, empat lembaga menyimpulkan ada keyakinan rendah bahwa virus itu awalnya ditularkan dari hewan ke manusia.

Sementara agensi kelima mengatakan memiliki keyakinan sedang bahwa infeksi pertama pada manusia terkait dengan laboratorium.

Sebelumnya, China telah dikritik karena tidak lebih kooperatif dalam penyelidikan asal-usul Covid-19.

Bahkan, mantan Presiden A SDonald Trump, pada bulan-bulan awal pandemi menyebut virus itu sebagai “Virus China”.

Artikel Terkait