Media Asing Soroti Tragedi Tewasnya Suporter di Malang

Forumterkininews.id, Jakarta- Sejumlah media asing ikut menyoroti kasus tewasnya ratusan suporter sepak bola usai pertandingan Liga I antara Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10).

Chanel News Asia yang berbasis di Singapura, ikut menerbitkan berita tewasnya ratusan suporter bola dalam situs web resminya pagi ini, Minggu (2/10).

Surat kabar ternama Inggris The Guardian, juga ikut memposting berita tersebut dengan judul “ Indonesia football riot: 129 people killed after stampede at match”.

Bahkan, surat kabar tertua di AS The Washington Post juga memberitakan kericuhan yang menewaskan suporter pasca berlangsungnya laga derbi Jawa Timur tersebut.

Sebelumnya diketahui, 129 orang dilaporkan tewas usai bentrokan yang dipicu kekalahan 2-3 skuad Singo Edan di kandang mereka sendiri saat berhadapan dengan Persebaya.

Kekalahan itu kemudian memantik emosi para suporter Arema.

Suporter menyerbu lapangan dengan beberapa dari mereka bahkan berlari menuju ruang ganti untuk mengejar para pemain seraya melempari dengan benda-benda tumpul.

Melihat situasi makin kacau, pihak keamanan mencoba mengamankan kondisi dengan menembakkan gas air mata ke bagian bawah pagar pembatas.

Namun ternyata, gas air mata justru mengenai para penonton yang menyebabkan sesak napas hingga pingsan dan meninggal dunia.

Artikel Terkait