Beranda Berita Terkini Bursa Calon Gubernur Jabar: Dari Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi hingga Desy Ratnasari

Bursa Calon Gubernur Jabar: Dari Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi hingga Desy Ratnasari

Ridwan Kamil dan Desy Ratnasari, dua dari sejumlah tokoh yang disebut bakal maju Pilgub Jawa Barat 2024/foto: istimewa

FTNews, Jakarta— Bukan hanya bursa Calon Gubernur Jakarta saja yang sekarang sedang ramai diperbincangkan tapi juga Jawa Barat yang juga memiliki sejumlah tokoh nasional.

Yang sudah pasti muncul adalah Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat 2018-2023. Politisi Partai Golkar ini sejak beberapa waktu lalu sudah mengantongi rekomendasi untuk maju Pilgub Jabar. Namun, DPP Partai Golkar juga memberinya rekomendasi maju Pilgub Jakarta.

Hanya saja, jika melihat hasil survey elektabilitas Kang Emil yang saat ini sudah mencapai 50 persen lebih, plus, keinginannya ingin kembali maju untuk periode kedua,  kemungkinan besar akan maju di Jawa Barat. Karena dibanding Jakarta, kans terbesarnya ada di Jabar.

Sosok lain yang dikabarkan tengah dipersiapkan maju Pilgub Jawa Barat adalah Dedi Mulyadi. Peluang Wakil Ketua Wakil Dewan Pembina Partai Gerindra ini maju Pilgub Jabar disampaikan oleh Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani.

“Kami di Partai Gerindra sedang pempersiapkan calon-calon yang bisa menjadi sebuah perpanjangan tangan bagi kepentingan rakyat ke pemerintah pusat ataupun pemerintah pusat kepada rakyat. Khusus untuk Jawa Barat (Pilgub), kami sedang melirik yang di sebelah kanan saya ini,” ujarnya sambil melirik Dedi Mulyadi yang berdiri di sampaing Muzani. Mendengar namanya disebut, mantan Bupati Purwakarta itu pun tersenyum.

Dedi sendiri beberapa waktu lalu mengaku, dirinya sudah siap maju Pilgub Jawa Barat jika diberi tugas oleh partainya, Gerindra. Saat ini posisinya tinggal menunggu saja Keputusan resmi dari DPP Partai Gerindra. Apakah akan kembali menjadi anggota DPR RI atau maju Pilgub Jabar, semuanya tergantung penugasan partai. Dia siap menjalankan.

Sebagaimana diketahui, dalam Pileg 2024 lalu, Dedi Mulyadi kembali berhasil mengamankan kursinya di DPR RI. “Kalau ditugaskan oleh partai kita harus berani mengambil risiko, karena ini tugas. Tugas itu kan jangankan jabatan, rumah pun harus kita tinggalkan kalau tugas,” ucapnya.

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) pun tak mau kalah, juga mengajukan dua nama andalannya untuk Pilgub Jawa Barat yakni; Bima Arya Sugiarto, mantan Wali Kota Bogor dan Desy Ratnasari, mantan artis yang juga Anggota DPR RI. Desy kini menjabat Ketua DPW PAN Jawa Barat.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengaku, tengah mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk maju Pilkada serentak 2024. Khusus untuk Pilgub Jabar misalnya, disiapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari.

“Pilkada Jabar ada Bima Arya dan Desy Ratnasari, orang-orang hebat, keren-keren,” ucap Zulhas pada wartawan.

Namun demikian, meski PAN juga mempersiapkan kader sendiri, tapi dalam Pilkada mendatang tetap harus berkoalisi dengan Parpol lainnya. Jadi, tergantung nantinya bagaimana. “Jadi tergantung pasangan. Kan harus koalisi,” ucapnya.***

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini