Menanti Paus, PM Timor Leste Xanana Gusmao Ikut Sapu Jalan

FT News – Kedatangan Paus Fransiskus ke Timor Lester dinanti seluruh masyarakatnya, termasuk Perdana Menteri Xanana Gusmao. Terlihat, Xanana Gusmao ikut kerja bakti menyapu jalan-jalan di Dili sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menyambut pemimpin Gereja Katolik sedunia itu.

Dikutip dari laman AFP, Senin (9/9), tampak sebuah foto di mana Xanana Gusmao tampak mengenakan topi hitam bertali, baju biru motif lengan pendek dan celana jins. Ia juga tampak memegang sapu lidi dan berada di pinggir jalan.

“Perdana Menteri Xanana Gusmao menyapu jalan bersama penduduk setempat untuk membantu membersihkan kota sebelum kedatangan Paus,” tulis AFP dalam foto tersebut.

Pada gambar itu, terlihat juga beberapa warga yang turut membersihkan jalan dan area sekitar. Ada yang terlihat sedang menyapu jalan sampai mengumpulkan sampah.

Foto Xanana Gusmao yang sedang membantu membersihkan dan menyapu jalan itu beredar juga di media sosial. Salah satu warganet mengunggah foto itu di platform media sosial X.

“Ini Perdana Menteri Xanana Gusmao menyapu jalanan kemarin (Minggu). Dan dia melakukan selama berjam-jam,” tulis warganet itu.

Diketahui, Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Timor Leste hari ini, Senin (9/9) pukul 14.25 waktu setempat. Ketika sampai di bandara, Paus Fransiskus disambut oleh Presiden Ramos Horta dan Xanana Gusmao.

Ramos Horta tampak mengenakan kain tradisional yang dipadukan dengan kemeja. Sedangkan Xanana Gusmao terlihat mengenakan setelan jas.

Paus Fransiskus rencananya akan berada di Timor Leste mulai dari 9 sampai 11 September 2024. Menurut jadwal, hari ini Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara untuk upacara penyambutan pada pukul 18.00 waktu setempat.

Xanana Gusmao tampak ikut membersihkan jalanan di Timor Leste. (Foto: Instagram)

Kemudian setelah itu, pada pukul 18.30 waktu setempat, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kehormatan ke Ramos Horta di Istana Kepresidenan.

BACA JUGA:   Terdakwa Pelanggar HAM Berat Paniai Divonis Bebas

Esok harinya, Paus Fransiskus akan mengunjungi anak-anak penyandang disabilitas di Sekolah Irmas Alma, bertemu serikat gereja dan menghadiri misa kudus di Esplanade of Taci Tolu.

Dikabarkan, misa tersebut akan dihadiri sebanyak 700 ribuan warga. Jumlah ini nyaris 10 kali lipat dari angka peziarah yang datang ke misa saat di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia.

Diketahui, sekitar 95 persen penduduk di Timor Leste menganut agama Katolik. Sebelum ke Timor Leste, Paus Fransiskus mengunjungi Papua Nugini dan Indonesia. 

 

Artikel Terkait

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...