Menlu AS Buka Peluang Bertemu Xi Jinping di Beijing

Forumterkininews.id, Beijing – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken membuka pembicaraan dengan utusan tinggi China. Hal ini membuka potensi bertemu Presiden Xi Jinping, pada hari terakhir perjalanan ke Beijing.

Diplomat tinggi AS bertemu selama tujuh setengah jam pada hari Minggu dengan Menteri Luar Negeri Qin Gang, lebih dari yang diharapkan. Dengan kedua belah pihak sepakat untuk menjaga komunikasi karena mereka berusaha menghindari konflik habis-habisan.

Tidak ada pihak yang mengonfirmasi pertemuan antara Blinken dan Xi, pemimpin China paling kuat dalam beberapa dekade, yang pertemuannya dengan Presiden Joe Biden pada November di Bali menimbulkan harapan hati-hati untuk mencairkan hubungan tersebut.

Tetapi para diplomat melihat kemungkinan pertemuan dengan Xi.

Blinken membuka hari itu dengan bertemu dengan diplomat top China, Wang Yi, yang posisinya di Partai Komunis berada di atas menteri luar negeri.

Kembali ke wisma negara yang penuh hiasan di taman Diaoyutai kuno tempat pembicaraan hari Minggu berlangsung.

Blinken dan Wang menawarkan senyum sopan di depan kamera dan bertukar sapa sebelum menuju pertemuan. Dengan para pembantu mereka, yang tidak seperti bos mereka mengenakan masker sesuai dengan Covid-19 protokol.

Ketegangan meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia dalam beberapa tahun terakhir. Terkait berbagai masalah mulai dari perdagangan hingga teknologi hingga Taiwan.

Pejabat AS mengatakan bahwa mereka tidak mengharapkan terobosan besar dari pembicaraan Blinken. Tetapi mereka berharap untuk membuka kembali jalur komunikasi reguler untuk mencegah kecelakaan meningkat menjadi konflik.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...