Menlu AS Temui Diplomat China di Jakarta

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony Blinken bertemu dengan diplomat China, Wang Yi. Hal itu dilakukan disela-sela
pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Kamis (14/7) kemarin.

Pertemuan keduanya telah dikonfirmasi Departemen Luar Negeri AS. Mereka mengatakan pertemuan itu dilakukan bagian dari upaya menjaga saluran komunikasi kedua negara.

“Menteri Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata juru bicara Deplu AS Matthew Miller.

Pada pertemuan tersebut, Blinken juga secara langsung menyampaikan kekhawatiran AS serta para sekutu dan mitra terkait tindakan China. Blinken mendesak Beijing untuk melakukan kemajuan dalam berbagai tantangan lintas negara.

Blinken juga menjelaskan bahwa AS bersama dengan sekutu dan mitra akan memajukan visi mereka demi tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan berbasis aturan.

Kedua pihak sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, kata pernyataan tersebut.

Pada Juni lalu, Blinken berkunjung ke Beijing untuk bertemu dengan para pejabat dan Presiden China Xi Jinping.

Dalam upaya untuk menstabilkan dan meningkatkan hubungan China dan AS yang tegang dalam beberapa bulan terakhir khususnya setelah insiden balon mata-mata China yang terbang di atas wilayahnya.

Sementara itu, China murka karena sikap AS yang menunjukkan mendukung kemerdekaan Taiwan, pulau demokratis yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

Artikel Terkait