Menlu Retno Bahas Nasib Keanggotaan Timor Leste di KTT ASEAN

Forumterkininews.id, Labuan Bajo – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan ada tiga hal yang akan dibahas dalam pertemuan antar Menlu di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Sebagaimana diketahui, KTT ASEAN 2023 sudah dimulai. Salah satunya adalah pertemuan antara Menlu.

“Untuk itu, saya ingin menekankan beberapa poin yang relevan. Pertama, tentang persiapan KTT ASEAN ke-42,” kata Menlu Retno di Labuan Bajo, Selasa (9/5).

“Kami ingin mendiskusikan program kegiatan, daftar topik indikatif, dan daftar hasil yang akan disetujui oleh Pemimpin kita besok dan lusa,” kata Menlu Retno.

Retno mengatakan semua ini sejalan dengan tema tahun ini: ASEAN Matters: Episentrum Pertumbuhan. Kedua, tentang pentingnya penguatan kapasitas ASEAN dan institusi.

“Dan kami akan membahas bagaimana membuat mekanisme kerja kami lebih banyak efektif, lebih fleksibel dan tidak terlalu birokratis, termasuk tentunya menjaga menghadapi tantangan yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik,” lanjutnya.

Ketiga, tentang keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN

“Kami ingin membahas rekomendasi Roadmap Timor Leste untuk menjadi anggota penuh ASEAN,” ujarnya.

“Dan saya yakin kita dapat mendukung Peta Jalan ini dan membantu saudara-saudara kita dan saudara perempuan di Timor-Leste,” lanjutnya.

Artikel Terkait