Menlu Retno Soroti Kontribusi Pemuda Dunia di KTT Y20

Forumterkininews.id, Jakarta- Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyoroti peran para pemuda dunia sebagai agen perubahan dan agen perdamaian. Menurutnya, dengan jumlah yang ada saat ini para pemuda bisa memberi kontribusi yang luar  biasa untuk berbagai solusi di dunia.

“Para pemuda dunia khususnya Y20,  perlu memajukan dua peran pemuda sebagai agen perubahan dan agen perdamaian.  Di tengah berbagai tantangan global, kapabilitas transformatif dari 1,2 miliar anak muda di seluruh dunia bisa memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap berbagai solusi dunia,” ujarnya.

Retno menambahkan, sebagai pemimpin masa depan, anak muda harus memainkan peran penting untuk memastikan perdamaian sejahtera dan berkelanjutan.

“Di dalam dunia yang terglobalisasi dan saling terkoneksi, hal ini bisa dilakukan dengan menumbuhkan dialog, membangun jembatan dan tidak membangun tembok. Jembatan ini harus didasari keberagaman,” jelasnya.

Selain itu, sebagai agen perubahan, anak muda harus bisa mengatasi tantangan dan mengubah dunia dengan Lebih baik, berpikir secara out of the box dan solusi-solusi inovatif.

Seperti diketahui, sebanyak 72 delegasi dari 18 negara anggota G20 hadir dalam KTT Y20 secara fisik. Untuk beberapa hari ke depan, para delegasi muda dari berbagai negara itu akan membahas finalisasi dari Communiqué yakni sebuah deklarasi pemuda berisi rekomendasi kebijakan bagi pemimpin dunia negara G20.

Para delegasi akan memberikan masukannya untuk rekomendasi kebijakan ini. Retno pun menyambut baik rekomendasi kebijakan  yang akan diumumkan di akhir KTT Y20 Indonesia nantinya.

Artikel Terkait