Menolak Ikut Perang, Tentara Rusia Dihukum 5 Tahun Penjara

Forumterkininews.id, Moskow- Pengadilan Rusia menghukum seorang tentara profesional berusia 24 tahun dengan hukuman lima tahun penjara. Pasalnya tentara itu menolak berperang di Ukraina.

“Prajurit itu tidak ingin ikut serta dalam operasi militer khusus, tidak melapor untuk bertugas pada Mei 2022,” kata layanan pers Militer Rusia pada Kamis, (12/1) dikutip Aljazeera.

Pernyataan itu juga menyebut aparat  menemukan pria yang diketahui bernama Marsel Kandarov itu  pada bulan September lalu.

Secara terpisah, pengadilan militer mengatakan mereka menghukum Kandarov lima tahun penjara karena menghindari dinas militer selama mobilisasi  lebih dari sebulan.

Dimana Rusia mengumumkan mobilisasi 300.000 orang pada akhir September setelah menderita kekalahan medan perang di tangan pasukan Ukraina.

Pengumuman tersebut memicu eksodus pria dari Rusia, dengan banyak yang melarikan diri ke negara tetangga termasuk Armenia, Georgia, dan Kazakhstan.

Orang-orang Rusia di seluruh negeri berunjuk rasa menentang perintah tersebut, tetapi polisi telah berusaha untuk membubarkan protes anti-perang saat mereka menahan ratusan orang, termasuk beberapa anak.

Kritikus mengatakan banyak orang yang dimobilisasi hampir tidak memiliki pengalaman medan perang dan hanya menerima sedikit pelatihan sebelum dikirim ke garis depan.

Artikel Terkait