Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto: Saya Harus Turun ke Lapangan

Forumterkininews.id, Jakarta – Menyusun strategi untuk mewujudkan arahan Presiden Jokowi, antara lain percepatan pendaftaran tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan menyelesaikan sengketa dan konflik agraria disiapkan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

Selain itu, menuntaskan urusan pertanahan untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara, juga menjadi target yang harus secepatnya diselesaikan.

“Untuk mencapai target, dengan kondisi saat ini dan situasi di lapangan yang ada, itu saya katakan 95 persen. Saya berani mengatakan itu. Hanya 5 persentase kegagalan. Karena itu saya harus turun ke lapangan,” ujar Hadi Tjahjanto dalam perbincangan Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet (Podkabs) di Jakarta, baru-baru ini.

Meski optimistis, Hadi mengaku menemukan tantangan di lapangan yang harus segera dituntaskan. “Hampir semuanya menjadi tantangan karena saya harus bekerja serius. Untuk sertipikat sendiri saya sudah punya target bahwa sebelum atau berakhirnya tahun 2022 itu ada kota/kabupaten yang sudah berstatus kota/kabupaten lengkap. Artinya seluruh kota/kabupaten itu sudah disertipikatkan tanahnya,” jelas Hadi Tjahjanto.\

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Minta PTSL dan Digitalisasi Pertanahan Dipercepat

“Kalau seandainya itu sudah terjadi, kita bisa sampaikan bahwa wilayah itu adalah wilayah yang memberlakukan hukum positif. Artinya hukum positif, ketika ada investor datang tenang, karena semua sudah tersertipikat dengan baik, aman,” tambahnya.

Selain itu, hukum positif juga dapat menekan jumlah mafia tanah.

“Kemudian ada mafia tanah, dia tidak bisa mengaku-ngaku, langsung kita pidanakan. Itu target saya. Saat ini belum ada wilayah-wilayah yang memberlakukan hukum positif,” tutur Hadi.\

Sosok mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini kembali muncul ke hadapan publik usai dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN) pada 15 Juni 2022 lalu.

BACA JUGA:   Bikin Boncos Miliaran Rupiah, Polisi Sita Benda Ini dari Kantor Ditjen EBTKE

Purnawirawan Marsekal TNI AU ini lahir pada 8 November 1963 dari keluarga yang sederhana, Hadi Tjahjanto kemudian mulai meniti pendidikan serta kariernya di TNI Angkatan Udara.

Kariernya terus meroket hingga diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada 2017. Dan, pada tahun yang sama, ia mengemban posisi tertinggi di TNI, yakni sebagai Panglima TNI ke-20 periode 2017-2021.

Tak berhenti di situ, usai meraih puncak karier militernya, kini Hadi Tjahjanto dipercaya Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo untuk memegang kendali urusan pertanahan dan tata ruang di Indonesia.

 

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...