Minggu Ini, Rusia dan China Bakal Gelar Latihan Militer Besar-besaran

Forumterkininews.id, Moskow – Rusia dan China  akan mengadakan latihan angkatan laut bersama di Laut China Timur mulai akhir pekan ini.

Melansir Sputnik, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin, (19/12) bahwa sebuah detasemen Armada Pasifik Rusia telah meninggalkan pelabuhan timur jauh Vladivostok.

Latihan bertajuk  “Kerja Sama Maritim 2022” dengan China itu akan berlangsung dari 21 hingga 27 Desember.

“Latihan itu untuk memperkuat kerja sama angkatan laut bersama serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik,”kata pernyataan kementerian.

Armada Rusia pada latihan tersebut akan diwakili oleh beberapa kapal. Seperti kapal Armada Pasifik, kapal penjelajah rudal Varyag, fregat Marsekal Shaposhnikov, dan dua kapal perang.

Setidaknya sembilan kapal perang angkatan laut China sebelumnya telah memasuki Samuderra Pasifik barat melalui berbagai rute, menurut Kementerian Pertahanan Jepang.

Ini termasuk kapal induk Liaoning dan kapal perusak berpeluru kendali Tipe 055 Lhasa.

Liaoning terlihat transit dari Laut China Timur ke Samudra Pasifik barat melalui Selat Miyako. Antara pulau Miyako dan Okinawa di Jepang, Jumat lalu.

Kapal itu dikawal oleh kapal perusak Tipe 055 103 Anshan, kapal perusak Tipe 052D Chengdu, kapal fregat Tipe 054A Zaozhuang, dan kapal suplai Tipe 901 Hulunhu.

Kapal induk itu melakukan operasi lepas landas dan pendaratan pesawat tempur, kata kementerian Jepang.

Artikel Terkait