Misteri Asal Virus COVID-19 Mulai Terkuak, Ilmuwan Beberkan Fakta Mengejutkan

FT News – Pandemi COVID-19 atau Corona jadi fase tergelap yang harus dihadapi umat manusia di seluruh dunia di abad ke-21. Setidaknya dari data WHO, ada 3 juta orang meninggal dunia akibat pandemi COVID-19.

Namun sampai saat ini masih menjadi misteri soal asal usul kemunculan virus yang sangat mematikan tersebut. Publik selama ini mengetahui ada dugaan bahwa virus berasal dari pasar ikan di Wuhan, Cina.

Namun ada teori konspirasi lain yang harus diuji kebenarannya bahwa virus Corona diduga akibat kebocoran sebuah laboratorium di Institut Virologi Wuhan, dan ada teori yang mengatakan virus itu sengaja dibocorkan.

Covid-19 di Singapura
Ilustrasi Covid-19. Foto: Shutterstock

 

Namun penelitian dari sejumlah ilmuwan dari Universitas Sydney mengungkap fata baru. Melansir dari laporan Mail Online, melalui analisis genetik, para ilmuwan mengindentifikasi berbagai hewan liar di pasar makanan laut Huanan di Wuhan yang diduga sebagai tempat awal virus ini tercipta.

Hewan kelelawar dianggap menjadi hewan pembawa asli virus SARS-CoV-2, namun peneliti meyakini bahwa penyebaran virus ini lebih mungkin akibat adanya hewan liar terinfeksi yang dibawa ke pasar, yang kemudian memicu wabah mematikan.

Para peneliti ini kemudian menganalisis kembali data 800 sampel yang dikumpulkan dari pasar makanan laut itu dan mempelajari genom virus di kasus Covid-19 yang pertama.

Ilustrasi virus adenovirus. (Foto: Freepik)

 

Dari hasil penelitian sementara para ilmuwan itu disebutkan adanya tanda-tanda berbagai hewan liar yang diperjualbelikan di pasar itu menjadi inang pembawa virus, hewan-hewan itu diantaranya, musang palem, tikus bambu hingga anjing rakun.

“Hasil ini tunjukkan tanda, tapi belum bisa membuktikan secara pasti bahwa hewan-hewan terinfeksi. Namun sangat mungkin virus SARS CoV 2 ini muncul di pasar hewan hidup,” kata Ed Holmes salah satu peneliti.

Artikel Terkait

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Malu-malu Mau! InsyaAllah PDIP Gabung ke Pemerintahan Prabowo Subianto

FT News - Sinyal-sinyal diberikan pihak PDIP terkait wacana...

Kereta Taksaka Tabrak Truk Mixer Hingga Ringsek di Sedayu

FT News - Kecelakaan kereta kembali terjadi di Sedayu, Yogyakarta...