Momen Jokowi Pamit Saat Temui Masyarakat di Surabaya: Bulan Depan Saya Purnatugas

FT News – Ada peristiwa menarik kerika Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Dirinya sempat berpamitan dan meminta maaf kepada masyarakat menggunakan megafon saat meninjau Pasar Soponyono.

Untuk diketahui, masa jabatan Jokowi sebagai Presiden akan berakhir bersamaan dengan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Baju adat Betawi yang dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2024 [Antara]

Peristiwa pamitan itu terjadi usai Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana berkeliling pasar dan mengecek harga bahan pokok. Tiba-tiba Jokowi naik ke sebuah tangga yang berada di area luar pasar dan meminta megafon kepada ajudannya.

“Bapak, Ibu sekalian, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” kata Jokowi dikutip dari situs Presiden RI.

Jokowi menyampaikan bahwa harga bahan pokok masih stabil dan terkendali dengan baik, kecuali bawang putih yang mencapai Rp 45.000 per kilogram.

“Saya lihat tadi harga bawang merah diangka 25 ribu. Kemudian telur juga 24 ribu, 25 ribu. Tadi mungkin yang agak mahal bawang putih 45 ribu. Tapi secara umum saya kira harganya masih stabil dan kondisinya masih baik,” ujarnya.

Setelah itu, Jokowi berpamitan kepada warga yang hadir karena masa jabatannya akan berakhir.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi menyampaikan keterangannya kepada awak media di Pasar Soponyono, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. [Foto: BPMI Setpres/Rusman]

“Terakhir, karena nanti bulan depan tanggal 20 Oktober saya purnatugas, saya mohon pamit. Saya ingin mohon pamit dan mohon maaf, pangapunten kalau ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak, Ibu semuanya. Saya rasa itu, terima kasih,” tukasnya.

Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres tersebut, Joko Widodo terpilih bersama pasangannya Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Presiden Joko Widodo kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024 mendatang.

Artikel Terkait