Morris Chang, Miliarder 91 Tahun jadi Utusan Taiwan di APEC 2022

Forumterkininews.id, Bangkok – Utusan Taiwan untuk pertemuan ekonomi para pemimpin Asia-Pasifik (APEC) 2022 adalah miliarder berusia 91 tahun Morris Chang. Shang sendiri merupakan pendiri raksasa manufaktur chip komputer terbesar di dunia.

Melansir AP, keputusan Taiwan mengirim Chang dibanding pemimpin politik Taiwan lainnya ke KTT APEC, menjadi perhatian banyak pihak.  Apalagi di tengah situasi politik Taiwan yang terus memanas dengan China belakangan ini.

Namun Chang, utusan Taiwan di APEC kali ini juga bukan sosok sembarangan. Chang adalah orang yang berpengalaman di bidang ekonomi dan bisnis lebih dari setengah abad.

Morris Chang lahir pada 10 Juli 1931 di China selatan, tepatnya di Ningbo, provinsi Chekiang/ Zhejiang. Ia adalah pengusaha Taiwan-Amerika yang membangun karirnya di dua negara itu. Morris Chang merupakan pendiri, serta mantan ketua dan CEO, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), perusahaan pengecoran silikon pertama dan terbesar di dunia.

TSMC telah berkembang menjadi produsen chip terbesar, memasok Apple Inc., Qualcomm Inc., dan pelanggan lainnya serta mengubah Taiwan menjadi pusat teknologi global. Chip yang diproduksi TSMC ada di jutaan smartphone, mobil, dan komputer kelas atas.

Sukses menjadikan TSMC sebagai perusahaan raksasa, membuat kekayaan Morris Chang berlipat ganda. Sesuai laporan Forbes, pada Oktober 2021, kekayaan bersihnya mencapai US$2,8 miliar. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di seantero Asia. Kemudian dikteahui, Morris Chang memulai debutnya di antara daftar baru Forbes Asia dari 50 Orang Terkaya Taiwan pada usia 85, setelah saham TSMC mencapai titik tertinggi pada Juni 2017.

Artikel Terkait