Ini Tiga Titik yang Berpotensi Alami Kemacetan Mudik 2024

FTNews – Menjelang pelaksanaan mudik Lebaran 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat mewaspadai beberapa titik yang bakal mengalami kemacetan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, kemungkinan kemacetan ada di tiga tempat. Yaitu Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali), Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang.

“Cipali karena ada ruas yang lebih kecil, kalau Merak dan Ketopang macet karena antrian pelabuhan,”ujar Budi dalam jumpa pers daring persiapan mudik 2024, di Jakarta, Minggu, (17/3).

Kemenhub, lanjutnya, juga mengidentifikasi keramaian berkaitan dengan jalur laut yaitu di Medan, Batam dan Samarinda.

Sedangkan jalur udara yang perlu perhatian khusus yaitu Badara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai, Bali.

(Budi Karya Sumadi /Dok: setkab)
Puncak Arus Mudik 

Sebelumnya, Budi memprediksi puncak arus mudik tahun ini akan terjadi di H-2 Jelang Lebaran 2024.

Budi menyebut, pergerakan 26,6 juta orang atau 13,7 persen pemudik akan terjadi pada 8 April 2024.

“Sementara puncak arus balik prediksinya terjadi H+3. Yaitu pada 14 April 2024 dengan pergerakan 41 juta orang atau 21,2 persen,”ujar Budi dalam keterangannya, Kamis (14/3).

Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4). (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra/rwa)

Dengan prediksi puncak arus mudik itu, Budi pun menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dalam rangka menghindari kemacetan.

Selain itu, Budi memastikan pemerintah akan mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik. Melalui pola perjalanan, pola transportasi, dan pola lalu lintas.

“Rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas. Terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan,” terangnya.

Sebagai informasi, prediksi Budi ini berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub.

Artikel Terkait