Napi Narkoba Kabur, Kakanwil Kumham Banten: A Minta Izin untuk Keluar Kepada Petugas

Forumterkininews.id, Tangerang- Seorang narapidana kasus narkotika berinisial A melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Rabu (8/12/2021). Narapidana tersebut sebelum melakukan aksinya, A meminta izin keluar kepada petugas yang berjaga di pintu.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Agus Toyib. Diterangkannya, A minta izin menuju tempat pencucian mobil yang berada di area depan lapas, dan selanjutnya langsung melarikan diri memperdayai petugas.

Untuk menuju area pencucian mobil tersebut, kata Agus, dipastikan A terlebih dahulu meminta izin keluar kepada petugas yang berjaga di pintu lapas.

“Napi itu kaburnya lewat pintu depan terlebih dahulu, lalu menuju tempat pencucian mobil, dan kemudian keluar terus lari,” ujar Agus saat dikonfirmasi awak media, Minggu (12/12/2021).

Oleh sebab itu Agus menegaskan, proses kaburnya A bukanlah dari area dalam lapas, melainkan melalui pintu masuk lapas. “Tapi memang napi ini ada proses izin keluar terlebih dahulu, baru setibanya di luar kemudian dia lari,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Agus menegaskan pihaknya melakukan pemeriksaan terkait dengan pelarian A melalui urutan bawah terlebih dahulu. Menurutnya, A seharusnya keluar dengan penjagaan dari petugas yang mengawasi dirinya. Tapi kali ini, A tidak dijaga petugas saat minta izin keluar.

Perlu diketahui, lanjutnya, kami periksa dan memintai keterangan dari bawah dulu, seperti dari petugas yang berada di tempat pencucian mobil itu, baru selanjutnya ke proses izin pengeluarannya.

“Kan larinya ini dari petugas yang mengawal dan mengawasi dia di luar, makanya masih kita mintai keterangannya dulu, karena seharusnya narapidana ini ada proses izin keluar dari petugas atau pejabat yang berjaga lebih dahulu,” terangnya.

Artikel Terkait

Tarung Derajat PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Digelar

FTNews, Banda Aceh--- Cabang olahraga bela diri asli Indonesia,...

Polisi Bekuk Penulis Judi Kim Hongkong di Warung Kopi Simalungun

FT News - Polsek Tanah Jawa menangkap pria berinisial...