NATO Kirim 30.000 Tentara dan 50 Kapal Perang ke Perbatasan Rusia

Forumterkininews.id, Moskow – NATO mengirim 30.000 tentara di dekat perbatasan Rusia untuk menggelar latihan di tengah perang Ukraina.

Selain tentara, lebih dari 200 pesawat dan 50 kapal perang juga dikirim ke Norwegia utara. Lokasi ini hanya beberapa ratus kilometer dari perbatasan Rusia.

Latihan tersebut yang diberi nama Cold Response, diadakan setiap dua tahun sekali. NATO menyebut walau digelar di tengah konflik Rusia-Ukraina, latihan itu tidak terkait dengan invasi Rusia. Melainkan, latihan telah direncanakan jauh sebelum Vladimir Putin mengirim pasukannya untuk menyerang Ukraina.

“Latihan ini sangat penting untuk keamanan Norwegia dan sekutunya. Kami akan melatih penguatan sekutu Norwegia,” kata Menteri Pertahanan Norwegia Odd Roger Enoksen dikutip Metro.co.uk

“Itu tidak diadakan karena serangan pihak berwenang Rusia di Ukraina, tetapi mengingat latar belakangnya, ada signifikansi yang meningkat,” tambahnya.

Informasi di situs web NATO lainnya mengatakan bahwa latihan ini menunjukkan kemampuan NATO untuk mengerahkan puluhan ribu pasukan ke High North, sementara pada saat yang sama NATO memperkuat bagian timur Aliansi untuk melindungi  NATO dari segala agresi.

‘Cold Response memberikan  kesempatan kepada Sekutu dan mitra NATO untuk berlatih bersama dalam kondisi cuaca dingin di atas medan yang menantang,” ujar pihak NATO.

Artikel Terkait