Ngamuk, Putin Batasi Visa Negara Tak Bersahabat

Forumterkininews.id, Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit yang mengatur pembatasan visa bagi warga negara dari negara-negara yang dianggap Moskow “tidak bersahabat”. Kebijakan ini sebagai tanggapan atas sanksi yang diberikan sejumlah negara kepada Rusia. Keputusan tersebut mulai berlaku, Senin (4/4).

Keputusan itu juga memerintahkan kementerian luar negeri Rusia dan badan-badan lain untuk memutuskan pembatasan masuk pribadi warga negara asing. Dan orang-orang tanpa kewarganegaraan yang melakukan tindakan tidak bersahabat terhadap Rusia. Baik warganya maupun badan hukumnya.

Bulan lalu, Rusia menyetujui daftar negara-negara yang tidak bersahabat. Termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, negara-negara Uni Eropa, Ukraina, dan lainnya. Jual beli sanksi terus berlangsung antara Rusia dan negara yang memihak Ukraina.

Hal itu terjadi usai Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari. Dimana invasi ini disebutnya operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya. Juga membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Sejauh ini, pasukan Ukraina telah melakukan perlawanan keras dan Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia dalam upaya untuk memaksanya menarik pasukannya.

Artikel Terkait