Ngeri! AS Siap Bekali Ukraina Drone Senilai USD275 Juta

Forumterkininews.id, Washington- Amerika Serikat sedang mempersiapkan untuk mengirim paket bantuan militer senilai USD275 juta ke Ukraina berupa drone yang akan makin memperkuat pertahanan udara. Melansir Reuters, paket bantuan  tersebut dapat diumumkan paling cepat hari ini, Jumat (9/12).

Laporan menyebut, AS juga akan memasukkan roket untuk peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS). Alat ini dibuat Lockheed Martin Corp. Dilengkapi amunisi 155mm, kendaraan militer Humvee dan generator.

Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional menolak mengomentari paket bantuan tersebut. Isi dan ukuran paket bantuan bisa bergeser hingga ditandatangani presiden.

Sementara itu, bantuan USD275 juta akan ditanggung oleh Presidential Drawdown Authority (PDA) yang memungkinkan Amerika Serikat untuk mentransfer artikel dan layanan pertahanan dari saham dengan cepat tanpa persetujuan kongres dalam menanggapi keadaan darurat.

Paket bantuan yang dikirim terus menerus oleh AS adalah bentuk dukungan untuk melawan serangan Rusia yang tidak berujung. Amerika Serikat juga telah mengirimkan sistem NASAMS anti-pesawat canggih ke Ukraina yang telah berjalan selama beberapa minggu.

Artikel Terkait