Ngeri, Bos CIA Beri Warning Perang Ukraina 6 Bulan ke Depan

Forumterkininews.id, Washington- Direktur CIA William Burns mengatakan  bahwa enam bulan ke depan kondisi perang di Ukraina dengan Rusia akan menjadi kritis.

“Putin, saya pikir, sedang bertaruh sekarang bahwa dia dapat memanfaatkan waktu untuknya. Kuncinya ada di medan perang dalam enam bulan ke depan, menurut kami,” kata Burns, Kamis (2/2) dikutip CBSNews.

Diplomat karier dan mantan duta besar untuk Rusia itu mengatakan intelijen Barat menunjukkan Rusia tidak tertarik pada pembicaraan damai, meskipun kadang-kadang ada laporan sebaliknya.

“Kami tidak menilai bahwa Putin serius dalam negosiasi, untuk semua yang kadang Anda dengar tentang itu,” imbuh Burns.

Pernyataannya datang di tengah peringatan lanjutan dari pejabat Ukraina bahwa Rusia sedang bersiap untuk meluncurkan serangan signifikan yang menargetkan bagian timur negara itu, di mana serangan rudal telah meningkat minggu ini. Perang akan memasuki tahun kedua akhir bulan ini.

Sementara itu, pada hari Kamis, dia menyebut hubungan militer yang tampaknya semakin dalam antara Rusia dan Iran sangat memprihatinkan. Iran diketahui telah menyediakan drone dan pelatihan yang relevan untuk pasukan Putin di Ukraina.

Tentang Iran, dia mengatakan ketidakstabilan dalam negeri yang didorong oleh demonstrasi yang meluas di sana telah membuat rezim Teheran semakin tidak tenang.

Artikel Terkait