Nggak Mau Kalah, Sunak Juga Akan Ketemu Xi Jinping Hari Ini

Forumterkininews.id, Bali – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 Bali, Rabu (16/11).

Melansir SkyNews, Sunak menjadi perdana menteri Inggris pertama yang bertemu dengan Xi dalam hampir lima tahun.

Pertemuan itu juga akan memberinya kesempatan membahas bekerja sama dalam bidang-bidang yang menjadi perhatian bersama. Tentunya sambil mengajukan keberatan tentang catatan hak asasi manusia Beijing.

“Jika kita ingin menyelesaikan tantangan global yang besar penting untuk berdialog dan terlibat dengan China. Pasalnya China menjadi bagian dari penyelesaian tantangan tersebut. Masalah global tersebut meliputi kesehatan masyarakat, konflik Rusia dan Ukraina, dan ekonomi global serta perubahan iklim, ,” kata Sunak kepada Sky News.

“Pendekatan kami ke China mirip dengan sekutu kami, apakah itu Amerika, Australia, dan Kanada,” kataya lagi.

Seperti diketahui, Sunak akan menjadi pemimpin negara G20 selanjutnya yang secara khusus mengadakan perbincangan dengan Xi Jinping.

Senin lalu Presiden AS Joe Biden juga berbicara dengan Xi mengenai Taiwan. Dilanjutkan Korea Selatan yang bicara khusus dengan China mengenai ancaman nuklir Korea Utara.

Artikel Terkait