NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan kebocoran data NPWP para penyelenggara negara, termasuk milik dirinya, putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Jokowi mengatakan kebocoran data di tengah pesatnya kemajuan teknologi merupakan hal yang juga terjadi di negara-negara lainnya.

“Peristiwa seperti ini kan juga terjadi di negara-negara lain,” ucap Jokowi setelah meresmikan Jalan Tol Ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Seksi I Kartasura-Klaten, Kamis (19/9).

Jokowi menilai seluruh data berpotensi untuk bocor karena beberapa hal, seperti keteledoran password, hingga karena penyimpanan data yang terlalu banyak di tempat yang berbeda-beda sehingga menjadi ruang peretas untuk masuk.

Jokowi juga mengaku sudah memerintahkan anak buahnya untuk segera mengatasi temuan tersebut. Jokowi memerintahkan menteri dan dua kepala lembaga non kementerian yang berkaitan dengan kebocoran data untuk berkoordinasi.

“Saya sudah memerintahkan Kominfo maupun Kementerian Keuangan untuk memitigasi secepatnya, termasuk BSSN untuk memitigasi secepatnya,” kata Jokowi.

Sebelumnya, sebanyak 6 juta data NPWP diduga bocor dan diperjualbelikan di Breach Forums. Dari jutaan data yang bocor itu ada milik Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi yang juga Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Kebocoran data NPWP ini awalnya disampaikan oleh pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto dalam unggahannya di X pada Rabu (18/9).

“Sebanyak 6 juta data NPWP diperjualbelikan dengan harga sekitar Rp150 juta. Data yang bocor di antaranya NIK, NPWP, alamat, nomor handphone, email dan lainnya,” tutur teguh dalam unggahannya.

“NPWP milik Jokowi, Gibran, Kaesang, Menkominfo, Sri Mulyani dan menteri lainnya juga dibocorkan di sampel yang diberikan oleh pelaku,” tambahnya.

Teguh juga menyertakan tangkapan layar unggahan penjahat siber di Breach Forums. Dalam tangkapan layar tersebut, unggahan tampak dibuat oleh Bjorka pada September 2024.

BACA JUGA:   Dituntut Delapan Tahun Penjara, Munarman: JPU nya Gak Serius

Total ada 6,6 juta yang dijual dalam forum tersebut. Data-data itu dibanderol dengan harga 10 ribu US Dollar atau sekitar Rp153,1 miliar.

Diduga, peretas yang membocorkan data NPWP ini adalah Bjorka. Bjorka adalah peretas yang sempat membuat geger Indonesia beberapa tahun lalu.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...